Bijak Menggunakan Smartphone dan Mengatur Waktu

Selasa, 13 Juli 2021 - 22:23:07


Nuraini Sekar Farika
Nuraini Sekar Farika /

Radarjambi.co.id-Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin maju. Tidak dapat dimungkiri bahwa internet, aplikasi belajar, dan media sosial semakin dibutuhkan karena mempunyai pengaruh yang besar dalam kegiatan sehari-hari.

Tidak hanya untuk berkomunikasi dan belajar, tapi juga untuk tempat mengekspresikan diri.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi tertinggi keempat di dunia, sehingga Indonesia termasuk sebagai pengguna media sosial terbesar di dunia.

Berdasarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (2021) pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang.

Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.

Di tengah pandemi saat ini banyak peningkatan dalam penggunaan media sosial, karena kita dituntut untuk tetap berada di rumah dan mengurangi interaksi di luar ruang.

Untuk mengurangi kejenuhan, seseorang biasanya akan bermain smartphone . Aplikasi seperti Whatsapp, Tiktok, Zoom, Google Meet, Instagram, dan lain sebagainya digunakan untuk berinteraksi dan bersosialiasi secaravirtual.

Namun banyak dari masyarakat, terutama remaja yang berakhir menghabiskan waktu hanya dengan bermain smartphone.

Banyak dari mereka yang menggunakan waktu hanya untuk melihat media sosial dan tidak menggunakan waktu mereka dengan efektif.

Hal ini dapat memicu dampak negatif bagi penggunanya. Seperti kurangnya semangat untuk beraktifitas, sampai gangguan kesehatan.

Mengapa bisa demikian? Karena ketika kita bermain smartphone, kita akan terus berfokus untuk bermain dan lupa akan banyak hal termasuk waktu. Beberapa dampak negatif penggunaan smartphone secara berlebih yang perlu diketahui di antaranya:

1. Gangguan mata, penggunaan smartphone secara berlebih dapat menimbulkan gejala seperti mata merah,iritasi, penglihatan mata berkurang hingga membuat pandangan menjadi kabur.

2. Menyebabkan kecanduan, kebanyakan orang akan merasa tidak puas menggunakan smartphone hanya untuk sebentar, maka mereka akan merasa tidak puas dan terus menambah waktu dalam penggunaan smartphone mereka.

3. Mengganggu kesehatan mental. Hubungan penggunaan smartphone dengan kesehatan mental, dipengaruhi besar oleh adanya media sosial.

Banyaknya orang yang terlalu sering melihat unggahan kehidupan orang lain, umumnya merasa lebih tidak bahagia, depresi, dan merasa sendiri dibandingkan teman-temannya.

Hal ini dapat memicu perasaan yang tidak stabil dan menyebabkan gangguan kesehatan mental.

Lalu bagaimana agar kita dapat terhindar dari dampak negatif penggunaan smartphone berlebih?. Apa yang dapat kita lakukan agar kita lebih produktif dan dapat memanfaatkan

Waktu dengan baik?. Berikut ini adalah hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penggunaan smartphone berlebih dan mengatur waktu agar harimu lebih produktif:

1. Membuat jadwal harian. Agar lebih produktif dalam menjalani hari, kita dapat membuat jadwal harian dengan memprioritaskan hal-hal yang lebih penting.

Jadwal harian ini juga dapat kamu terapkan untuk membatasi penggunaan smartphone seperlunya. Kamu dapat memberi target seberapa lama kamu harus menggunakan smartphone perharinya.

2. Berolahraga dan menekuni hobi. Hal ini dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang agar kamu tetap aktif dan produktif.

Melakukan kegiatan yang berkaitan dengan olahraga dan hobi, dapat menjaga kesehatan tubuh dan membuat kita senang akan kegiatan yang dilakukan.

Kegiatan tersebut akan mengalihkanmu dalam keinginan untuk menggunakan smartphone.

3. Tinggalkan smartphonesebelum tidur. Salah satu sebab mengapa seseorang sulit tidur adalah smartphone. Letakkan smartphone di meja dan manfaatkan waktu sebelum tidur untuk membuat tubuh dan pikiran rileks, tanpa gangguan apapun. Waktu tidur yang cukup akan membuatmu lebih aktif dan bersemangat dalam beraktivitas di keesokan harinya.

4. Memperbanyak bersosialisasi dengan orangtua, teman dan orang terdekat. Cara ini dinilai cukup efektif untuk menghindari keinginan kamu bermain smartphone.

Menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman dekat dengan berbincang bersama, kamu akan di tempatkan di posisi harus fokus mendengarkan dan menghargai orang lain berbicara agar kamu dapat ikut menanggapi dan berbincang dengan topik yang dibicarakan.

5. Membaca buku dan menulis, Memanfaatkan waktu luangmu dengan menjadi produktif, menulis dan membaca buku juga dapat membuatmu teralihkan dalam keinginan untuk bermain smartphone.

Selain itu, dengan banyak membaca atau menulis kamu dapat menambah wawasan dan juga ilmu. (***)

 

Penulis  ; Nuraini Sekar Farika, Mahasiswi UAD, Pendidikan Bahasa Inggris.