Yuk! Sayangi Mata Kita saat Daring!

Rabu, 14 Juli 2021 - 12:06:21


Herawati Setiya Ningrum
Herawati Setiya Ningrum /

Radarjambi.co.id-Mata adalah alat sensorik utama yang memberi reaksi pada cahaya kemudian mengirimkannya ke otak berupa informasi visual.

Mata termasuk salah satu pancaindra yang vital bagi makhluk hidup. Tanpa mata, kita tidak dapat melihat keindahan dunia dengan segala isinya.

Menjaga mata agar tetap sehat merupakan bentuk rasa syukur dan menghargai atas apa yang diberikan dari-Nya.

Masa pandemi membuat rutinitas sehari-hari berubah menjadi 180 derajat. Aktivitas yang biasa dilakukan seperti berangkat ke sekolah, bermain dengan teman, hangout ke kafe, berbelanja ke mall dan juga bekerja ke kantor.

Sekarang dialihkan menjadi serba online. Sesuai himbauan dari pemerintah kegiatan bekerja dan belajar juga dilakukan dari rumah atau secara daring.

Guna meminimalisir penularan virus Covid-19. Dengan diterapkannya metode daring mengharuskan pelajar dan pekerja menatap layar gadget hampir setiap hari.

Tidak bisa dipungkiri, hal tersebut membuat kesehatan mata di masa sekarang ini mengalami penurunan kemampuan penglihatan ataupun sejumlah gangguan kesehatan mata lainnya.

Sebenarnya bukan hanya saat-saat seperti ini gangguan pada kesehatan mata itu ada. Namun, adanya pandemi Covid-19 lebih berpotensi mengakibatkan peningkatan gangguan pada kesehatan mata.

Karena tidak ada pilihan lain, kita harus tetap menjaga produktivitas selama di rumah saja secara online. Saat itulah terjadi yang namanya peningkatan screen time.

Lalu apa yang dapat kita lakukan saat ini? Sebaiknya kita mulai menerapkan kebiasaan yang berdampak baik bagi kesehatan khususnya kesehatan mata. Karena mata merupakan salah satu aset berharga yang kita miliki.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa terlalu lama menatap layar smartphone atau laptop mengakibatkan sejumlah gangguan pada penglihatan.

Seperti gejala mata lelah, mata kering, mata gatal, bahkan penambahan ukuran kacamata bagi yang memiliki kelainan rabun jauh. Ada tiga hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata saat daring.

Hal yang pertama adalah mengatur posisi duduk yang nyaman saat sedang daring. Usahakan posisi gadget sejajar dengan pandangan mata dan berjarak sekitar 30-40 cm. Sehingga kepala tidak perlu menunduk atau mendongak.

Kemudian duduk dengan posisi tegak dan berada di ruangan yang cukup pencahayaan. Ketika sudah duduk dengan posisi yang nyaman, maka kegiatan secara daring dapat berjalan dengan optimal dan mata pun tetap terjaga kesehatannya.

Rajin mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A adalah hal sederhana kedua yang dapat dilakukan.

Mengapa demikian? karena dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dapat membantu sistem penglihatan kita menjadi lebih baik.

Contoh buah dan sayur yang mengandung vitamin A adalah mangga, wortel, tomat, bayam, dan brokoli.

Buah dan sayur tersebut bisa dibuat jus kemudian diminumnya, minimal dua hari sekali. Alangkah baiknya jika diminum secara rutin setiap hari, agar kesehatan mata tetap terjaga.

Hal sederhana terakhir adalah jangan lupa untuk mengedipkan mata. Menurut para ilmuwan, normalnya manusia mengedipkan mata 15-20 kali per menit.

Namun, intensitas mengedipkan mata menurun akibat terlalu serius ketika menatap layar gadget. Padahal, hanya dengan mengedipkan mata dapat menjaga kelembapan mata sehingga mata tidak mudah lelah.

Maka dari itu, mulailah menerapkan tiga hal sederhana di atas ke diri sendiri. Kemudian beritahu orang terdekat, agar bersama-sama menjaga kesehatan mata.

Walaupun terlihat sangat sederhana, tetapi jika dilakukan secara rutin akan berdampak baik bagi kesehatan mata. Jadi, mari jaga mata kita agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. (***)

 

 

Penulis : Herawati Setiya Ningrum
Mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Ahmad Dahlan