Abdullah Sani : TMMD Wujud Sinergitas Pemerintah Daerah Dengan TNI Percepat Akselerasi Pembangunan

Rabu, 14 Juli 2021 - 13:24:40


Wakil Gubernur Abdullah Sani Menghadiri penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun 2021, yang diselenggarakan di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin. Rabu (14/07/2021).
Wakil Gubernur Abdullah Sani Menghadiri penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun 2021, yang diselenggarakan di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin. Rabu (14/07/2021). /

RADARJAMBI.CO.ID – Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I mengemukakan, TMMD merupakan wujud sinergitas Pemerintah Daerah dengan TNI. Pernyataan ini disampaikannya saat menjadi Inspektur Upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun 2021, yang diselenggarakan di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin. Rabu (14/07/2021). Adapun Tema TMMD Ke111 tahun 2021 “ TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri“ . 

Kedatangan Wakil Gubernur dan rombongan disambut oleh Plt. Bupati Merangin Mashuri, berserta unsur Forkompimda Kabupaten Merangin, para OPD Kabupaten Merangin.

Turut mendampingi Wagub dalam penutupan TMMD Ke111 tahun 2021 Asisten II Sekda Provinsi Jambi Agus Sunaryo, Staf Ahli Gubernur Bastari, Kepala Dinas Sosial Dukcapil Provinsi Jambi Arif Munandar, Kepala Dinas Kehutanan Ahmad Bastari, Kepala Badan Kesbangpol yang diwakili Kabid FPK Atma Jaya

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Abdullah Sani menjelaskan bahwa dalam pembangunan, baik pembangunan daerah maupun pembangunan nasional, peran dan kontribusi para pemangku kepentingan sangat dibutuhkan.

” Pembangunan tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, tetapi juga oleh semua pihak terkait. Dan TNI juga memiliki kontribusi besar dalam pembangunan, diantaranya melalui Program TNI Manunggal membangun Desa (TMMD). TMMD sangat bermanfaat untuk percepatan dan upaya pemerataan pembangunan, terutama di desa terpencil, " ujar Abdulah Sani

Dikatakan Abdullah Sani, TMMD juga merupakan wujud sinergitas Pemerintah Daerah dengan TNI, karena sinergi, kesatupaduan sangat dibutuhkan.

"Untuk percepatan akselerasi. Kerja sama yang baik dan sinergitas ini harus kita rawat, kita pertahankan, bahkan kita tingkatkan. TNI sebagai bagian dari elemen bangsa yang mempunyai fungsi khusus sebagai alat pertahanan dalam Undang-Undang No. 34 Tahun 2005 tentang TNI, menyebutkan dua pola operasi pokok TNI, yakni operasi perang dan operasi selain perang yang terbagi dalam beberapa bentuk kegiatan. Dalam Undang-Undang tersebut, kemudian dapat dikatakan TMMD adalah bagian dari fungsi TNI dalam tugas operasi selain perang, "ucapnya.

“ Keterlibatan TNI dalam bentuk partisipasi aktif terhadap sensitivitas persoalan masyarakat yang dikemas dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK), dan lain sebagainya secara hukum memang telah dipayungi, namun lebih dari itu sebenarnya TNI tidak boleh tinggal diam terhadap persoalan masyarakat padahal dengan segenap kemampuan yang dipunyai, TNI bisa memberikan kontribusi positif dalam membantu menyelesaikan persoalan masyarakat, ” sambungnya. 

Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi dilaksanakannya TMMD di Desa Bukit Beringin Kecamatan Bangko Barat Provinsi Jambi ini. "Saya berharap setelah dilaksakannya TMMD ini, bisa mempercepat pembangunan di desa, yang selanjutnya akan kontributif terhadap pembangunan dan kemajuan Provinsi Jambi," lanjutnya 

Wagub Abdullah Sani mengharapkan pekerjaan yang telah dilaksanakan ini bisa membawa manfaat besar bagi masyarakat desa Bukit Beringin .

” Kepada para prajurit TNI yang telah melaksanaan pekerjaan dalam TMMD, selamat melanjutkan tugas dan pengabdian. Selain itu, saya imbau dan mengajak masyarakat untuk memelihara hasil dari apa yang dikerjakan dalam TMMD, agar bisa menunjang aktivitas, perekonomian, dan kemajuan desa dalam waktu yang lama dan berkelanjutan" ucapnya. 

Sebelumnya Danrem 042/GAPU, Bringjen TNI M. Zulkifli , SIP, MM membacakan sambutan tertulis Panglima Kodam II / Sriwijaya Mayor Jendral TNI Agus Suhardi yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 16 juni 2021, para prajurit TNI anggota Kepolisian, apparat pemda serta komponen masyarakat telah berkerja keras bergotong royong dengan semangat bersama dengan menyelesaikan sasaran pembangunan TMMD ke -111 baik fisik maupun non fisik.

” Kegiata TMMD ini dilaksanakan dilima wilayah yaitu Sumbagsel,, Kabupaten Bengkulu tengah, Lampung utara, Way Kanan, Jambi Merangin dan Musi Bayuasin, dapat diselesaikan dengan baik, keberhasilan ini idak terlepas dari bantuan kita semua, partisipasi segenap komponen masyarakat, " ujar Pangdam. 

Pada kesempatan ini Wagub juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa Al,Qur’an, alat olahraga dan kipas angin kepada masyarakat Desa Bukit Beringin. Unsur Forkompimda Merangin menyerahkan secara simbolis bantuan sembako.(har)