Publik Relation Dalam Komonikasi Organisasi

Kamis, 15 Juli 2021 - 20:11:04


Siska Dwi Prasasti
Siska Dwi Prasasti /

Radarjambi.co.di-Organisasi ketepelajaran sangatlah penting belajar public relations dalam komunikasi organisasi karena semakin lama mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa.

Kegiatan komunikasi organisasi merupakan cara dalam menjalankan sebuah strategi dalam mengembangkan citra organisasi dalam kepercayaan masyarakat dan perusahaan.

Mungkin dalam prakteknya public relation dengan cara melakukan koordinasi dan kerjasama dengan perusahaan yang ada di kecamatan Mojowarno dan sekitarnya.

Organisasi PAC IPNU Mojowarno guna menjalankan tujuan yang telah ditetapkan sebelum acara adanya kegiatan-kegiatan yang melibatkan perusahaan besar dan mau menaungi organisasi keterpelajaran di tingkat kecamatan.

Organisasi ini bernama Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, disingkat IPNU yang bersifat keterpelajaran, kekeluargaan, kemasyarakatan, dan keagamaan.

Sebagai organisasi kader IPNU juga senantiasa memperbarui pola-pola pengkaderannya agar selalu sesuai memiliki inovasi dengan perkembangan zaman.

Tujuan dan Fungsi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) adalah terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan serta bertanggung jawab atas tegak dan terlaksananya syariat Islam menurut faham ahlussunnah wal jama’ah yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Komunikasi Organisasi sangatlah berperan penting dalam kegiatan mencari relations atau jaringan untuk menawarkan kerja sama agar perusahaan maupun organisasi mendapatkan sorotan positif dari masyarakat.

Pembahasannya meliputi struktur dan fungsi organisasi, hubungan antar manusia, komunikasi dan proses pengorganisasian, serta kebudayaan organisasi. (Bungin, B, 2007:32).

Komunikasi dalam organisasi mempunyai hubungan dengan satu atau lebih dimensi-dimensi struktur organisasi (misalnya peranan, status, kompleks teknologi, pola pola otoritas dan sebagainya. (Suprapto, 2009:109).

Public Relation adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian (Jefkins, 2002:9).

Public Relations (PR) adalah sebagai jembatan antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya, terutama tercapainya mutual understanding (saling pengertian) antara perusahaan dengan publiknya “(Ardianto,2004: 3)[3].

Public relations perlu membekali diri dengan kemampuan yang handal guna mewujudkan komunikasi yang prima (excellence).

Pemahaman bahwa public relations hanya sekadar wanita cantik yang sekedar jual tampang dan sebagai pajangan perusahaan harus segera diakhiri dan dengan dukungan sepenuhnya.

Dari manajemen melalui penerapan public relations yang kritis terhadap perkembangan zaman khususnya permasalahan komunikasi yang dihadapi. (***)

 

 

Penulis  : Siska Dwi Prasasti
( Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan )