Di Madrasah Aliyah Koto Petai Kabupaten Kerinci

Dosen UNJA Adakan Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Online

Minggu, 15 Agustus 2021 - 08:31:41


Tim pengabdian kepada masyarakat, saat foto bersama di Madrasah Aliyah Koto Petai Kabupaten Kerinci.
Tim pengabdian kepada masyarakat, saat foto bersama di Madrasah Aliyah Koto Petai Kabupaten Kerinci. /

radarjambi.co.id, KERINCI-Era Revolusi 4.0 yang sedang dihadapi serta pendemi covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini telah menuntut perubahan  teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang salah satunya adalah bidang pendidikan dan pembelajaran.

Dunia pendidikan harus merespon berbagai kondisi yang berkembang dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan tersebut termasuk evaluasi pembelajaran. Lembaga pendidikan harus mampu beradapatasi dengan perkembangan teknologi, salah satunya menjadikannya dalam proses pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FKIP Universitas Jambi telah merespon perubahan kondisi pembelajaran tersebut melalui kegiatan pengabdian masyarakat di Madrasah Aliyah Koto Petai Kabupaten Kerinci. Kegiatan ini disampaikan langsung oleh narasumber Abdul Muid, M.Pd  selaku Ketua Tim Pengabdian mempresentasikan materi berjudul “Pelatihan Pemanfaatan Platform Quizizz sebagai alat evaluasi berbasis Daring di Madrasah Aliyah Koto Petai Kabupaten Kerinci”  Sabtu (14/8) bertempat di Aula Madrasah Aliyah Koto Petai Kabupaten Kerinci.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan oleh Tim Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FKIP Universitas Jambi yang diketuai oleh Abdul Muid, M.Pd yang beranggotakan Sulhi M Daud,M.H, Neldi Harianto, M.A, Sahrizal Vahlepi, M.Pd dan Mar’atun Sholiha, M.Pd.I. Kegiatan ini diikuti oleh Tenaga Pendidik/ guru di lingkungan Madrasah Aliyah Koto Petai Kabupaten Kerinci, Acara diikuti dengan tertib oleh peserta dan dibuka dengan sambutan dari Waka bidang Kurikulum Madarsah Darul, S.Pd.

Melalui sambutannya Darul mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat khsusnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi.

“Kami selaku tuan rumah sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Tim Dosen PBA Universitas Jambi untuk merespon kebutuhan pembelajaran yang sampai saat ini masih dilakukan secara daring khususnya di Madrasah ini,” ungkap Darul.

Secara terpisah Abdul Muid, M.Pd selaku katua tim pengabdian mengucapkan terimakasih kepada pihak Madrasah yang bersedia menjadi mitra dalam kegiatan pengabdian ini.

“Kami selaku tim Dosen Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi mengucapkan terimakasih kepada pihak Madrasah yang sudah bersedia menjadi tuan rumah dalam kegiatan pengabdian masayarakat ini dan tentunya kegiatan pelatihan ini harapkan bermanfaat bagi guru-guru dalam merespon perubahan pembelajaran yang menuntut setiap guru untuk cakap menggunakan teknologi apalagi saat ini proses pembelajaran dilaksanakan secara daring dikarenakan covid-19 yang hingga saat ini masih mewabah," ungkapnya.

Materi fokus pada penggunaan aplikasi quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran berbasis daring. Selanjutnya dilakukan demo penggunaan quizizz terhadap peserta. Suasana terasa terbuka dan hangat karena penggunaan quizizz bermaterikan hal-hal sederhana, tapi bersifat menyenangkan. Selanjutnya dilaksanakan diskusi tentang teknis pembuataan Soal di quizizz. Sesi diskusi cukup banyak pertanyaan dari peserta. Rasa keingintahuan peserta cukup tinggi, hal tersebut tercermin dari beberapa pertanyaan mereka lebih mengarah kepada teknis aplikasi quizizz.

Dari hasil kuisioner yang disebarkan pada peserta menyatakan: pada dasarnya peserta memahami materi yang diberikan dan bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan mereka di bidang evaluasi pembelajaran yang interaktif menggunakan aplikasi quizizz. Para guru yang dalam hal ini sebagai peserta pelatihan juga mengharapkan kegiatan semacam ini dapat dilakukan di masa mendatang. (kay/***)