Hasbi Anshory Minta Teknologi Alutsista TNI Harus Berubah, Antisipasi Ancaman Ini

Minggu, 07 November 2021 - 22:30:45


Anggota Komisi I DPR Hasbi Anshory
Anggota Komisi I DPR Hasbi Anshory /

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Hasbi Anshory meminta teknologi alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI ke depan harus berubah, tidak hanya mengandalkan Minimum Essential Force (MEF).

Hal itu disampaikan Hasbi saat mendengar paparan dari Jenderal Andika Perkasa dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi I DPR, Sabtu (6/11).

“Kalau sekarang kan hanya andalkan MEF, tapi teknologi ke depan kan sudah berubah. Satu pulau bisa dilihat melalui drone, tidak lagi pakai tank. (Pandangan Jenderal Andika) ini cukup bagus,” kata Hasbi Anshory melalui keterangan yang diterima Minggu (7/11).

Menurut Hasbi, dengan pendekatan teknologi terbaru yang digunakan ini, TNI akan mampu mengantisipasi ancaman baru bagi negara, terutama serangan siber.

“Sekarang kan dengan teknologi terbaru kan, bisa saja melihat melalui drone. Jadi bisa melihat serangan siber,” ujar Anggota Fraksi Partai Nasdem ini.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR Almuzzammil Yusuf menyampaikan tantangan perang ke depan selain serangan siber, juga ada serangan bioteknologi.

Politisi Fraksi PKS ini mengingatkan agar kepemimpinan TNI mendatang haruslah berlaku bijak dan memperhatikan tatanan politik dalam negeri, pertahanan keamanan regional dan internasional.

Muzammil mengatakan saat ini dibutuhkan kepemimpinan TNI yang bijak. Dia menegaskan konstelasi politik dalam negeri serta hankam regional dan internasional semakin menuntut hadirnya kepemimpinan TNI yang kuat, bijak, dan cerdas.

"Sehingga TNI di tengah konstelasi politik dan hankam yang menantang tersebut tetap dipersepsi dan dirasakan benar-benar mengayomi seluruh komponen masyarakat dan mempersatukan seluruh komponen bangsa tanpa terkecuali," pungkasnya. (mrk/jpnn)

Sumber  : Jpnn