Dua Pahlawan Nasional milik Jambi

Selasa, 09 November 2021 - 21:15:58


Pahlawan Nasional Raden Mattaher
Pahlawan Nasional Raden Mattaher /

JAMBI. Peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun ini sepertinya ada yang istimewah bagi Jambi.

Setelah Sulthan Thaha Syaifuddin ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Pada 10 Nopember 2020 Raden Mattaher ditetapkan pemerintah melalui Presiden Joko Widodo sebagai Pahlawan Nasional yang diterima Cucu Raden Mattaher, Ratu Siti Aminah di Istana Negara.

Kepala Dinas Sosial Propinsi Jambi, Arifi Munandar mengatakan, usai upacara Hari Pahlawan lapangan Kantor Gubernur dan Ziara Makam Pahlawan Satria Bhakti, Gubernur akan silahturami kediaman Cucu Raden Mattaher, Ratu Siti Aminah.

Kata Arif Munandar lebih lanjut, sesuai ke kediaman Cucu Raden Mattaher, dilanjutkan ke salah satu keluarga Sulthan Thaha yaitu kediaman Fuad Rahman Baragbah di wilayah Taman Jaksa, kelurahan Sungai Putri.

Diakhiri perjalanan Hari Pahlawan, Gubernur ke kediaman Kol.Abundjani. "Kolonel Abundjani di makamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta" akhir Arif Munanda.

Perayaan Hari Pahlawan di Kota Jambi akan berlangsung di perkantoran Walikota Jambi. Seperti tahun sebelumnya Walikota Jambi Sy.Fasha akan Ziara ke makam Raden Mattaher.

Wakil Walikota Jambi Maulana mengakan, Kita warisi semangat patriotik para Pahlawan

"Kita semangat untuk berjuang membangun ekonomi pasca pandemi, kita tingkatkan SDM" kata Maulana.

Tokoh Pemuda Jambi, Said Pariq mengatakan, Ada yang beda dengan Hari Pahlawan tahun ini, karena memiliki dua Pahlawan Nasional.

"Ini tentu sejarah bagi Jambi di mana Jambi sudah memiliki dua Pahlawan Nasional" kata Said Pariq mantan Ketua KNPI Propinsi Jambi.

Sebagai bagian dari masyarakat Jambi, tentulah banyak harapan yang ingin disampaikan. Salah satunya pemuda Jambi harus segera bangun untuk mengejar apa yang diinginkan para Pahlawan kita.

"Diyakini pendahului kita mempunyai cita-cita besar, peringatan Hari Pahlawan ini menjadi momentum penting bagi Jambi, kata Said Pariq. (saw)