Festival Kuliner Lahirkan Inovasi Makanan Tradisional Kota Jambi

Minggu, 28 November 2021 - 22:57:23


/

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Festival kuliner Kota Jambi 2021 kembali digelar, Sabtu (27/11) di Kawasan Danau Sipin Kota Jambi pada festival kali ini Pemerintah Kota Jambi berharap dapat melahirkan inovasi kudapan tradisional Kota Jambi.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, dari festival kuliner Kota Jambi diharapkan dapat bermunculan masakan ataupun menu tradisional unggulan Kota Jambi yang dimodifikasi sehingga dapat tampil hingga ke skala nasional maupun jamuan internasional.

" Saya berpesan sama juri atau chef agar masakan tradisional Kota Jambi ini bisa dimodifikasi. Nantinya kami berharap makanan tradisional Kota Jambi yang sudah berinovasi ini bisa disajikan di acara-acara nasional ataupun internasional,"kata Fasha.

Dirinya menambahkan, dengan modifikasi pada masakan tradisional Kota Jambi ini akan menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk menikmati kuliner Kota Jambi sehingga dapat mengangkat nama Kota Jambi.

Dirinya berpesan untuk pelaku usaha kuliner di Kota Jambi untuk mengutamakan penggunaan bahan alami.

Pada festival kuliner Kota Jambi 2021 ini, Pemkot Jambi melalui Dinas Pariwisata Kota Jambi menggelar perlombaan inovasi Roti jala dan inovasi kuliner olahan ikan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jambi, Mariani Yanti menjelaskan, festival kuliner Kota Jambi digelar sebagai salah satu upaya untuk memperkaya pengalaman bagi wisatawan di Kota Jambi untuk mengenal beragam kuliner yang ada di Kota Jambi.

Pada festival ini juga digelar perlombaan inovasi kuliner olahan ikan dan inovasi roti jalo yang diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di Kota Jambi.

Festival kuliner diakuinya menjadi upaya dinas pariwisata dalam memberikan stimulus bagi pelaku UMKM di Kota Jambi untuk tetap berinovasi meski harus berhadapan dengan pandemi COVID.

"Selain itu juga bertujuan meningkatkan keyakinan dan kepercayaan pelaku wisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Mengedukasi pelaku usaha kuliner untuk beradaptasi dan transformasi di era new normal,"jelasnya.

Selain perlombaan, festival; kuliner Kota Jambi juga menampilkan bazar produk UMKM Kota Jambi binaan kecamatan. Dari festival kuliner Kota Jambi 2021 sendiri dapat menghasilkan beragam inovasi Roti jala seperti inovasi Roti jala bunga telang, roti jalo cokelat saus caramel dan inovasi kuliner tradisional lainnya.(ria/akd)