5 Tips Fotografi: Cara Memotret saat Datang di Konser Musik

Rabu, 08 Desember 2021 - 13:13:31


/

Radarjambi.co.id-Menonton konser musik merupakan momen yang menyenangkan dan patut diabadikan.

Untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus, Anda perlu mengetahui tips memotretnya dengan tepat dan baik.

Pasalnya untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal ketika menonton konser bukanlah hal yang mudah, apalagi jika pada saat itu situasinya sangat ramai dan berdesak-desakan.

Bahkan para fotografer yang sudah berpengalaman pun cukup berhati-hati saat mengambil gambar saat sedang menonton konser.

Objek yang sering bergerak, pencahayaan yang kurang, dan tidak boleh menggunakan flash menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang ingin memotret momen penampilan musisi kesayangan Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui dan mempelajari tips motret saat datang di konser musik yang tepat.

5 Tips Foto di Konser Musik untuk Hasil Terbaik

Untuk mendapatkan gambar yang bagus, Anda bisa menggunakan kamera DSLR. Namun jika Anda tidak boleh membawa kamera tersebut atau tidak memilikinya, Anda tetap bisa memotret konser musik menggunakan kamera ponsel. Berikut ini merupakan 5 tips foto konser musik untuk hasil terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Ikuti Peraturan “Three Songs” dan “No Flash”

Agar pelaksanaan konser musik bisa berjalan dengan optimal dan lancar, maka ada sejumlah peraturan yang harus diikuti, seperti peraturan “Three Songs” dan “No Flash”.

Jika Anda baru pertama kali ke konser secara langsung, mungkin aturan ini cukup asing di telinga.

Pasalnya tips ini memberikan informasi tentang peraturan foto dalam konser yang harus dipahami oleh jurnalis, fotografer, maupun penonton yang ingin memotret.

Dalam hal ini, nantinya fotografer akan diberikan waktu selama 10 menit atau setara dengan 3 lagu yang dimainkan untuk memutar musik yang sedang performance di atas panggung.

Selain itu menonton konser musik juga terdapat peraturan no flash yang artinya tidak boleh menggunakan lampu flash pada kamera karena hal ini akan bertabrakan dengan lighting panggung.

Selain nantinya akan mengganggu musisi yang sedang bernyanyi, juga membuat hasil foto Anda kurang menarik.

2. Meningkatkan Pengaturan ISO

Cara memotret saat ada di konser musik yang tak kalah penting selanjutnya yaitu meningkatkan pengaturan ISO.

Umumnya jenis apapun kamera yang Anda gunakan bukanlah halangan untuk mendapatkan foto yang bagus, namun jika menggunakan kamera yang mempunyai ISO 800 ke atas seperti Canon EOS 400D,

Anda bisa meningkatkannya lagi untuk mendapatkan foto yang lebih baik dan mengatasi noise pada hasil foto.

Jika pada saat konser sangat minim cahaya, Anda bisa meningkatkan ISO menjadi 1600. Hal ini membuat foto yang Anda ambil akan lebih tajam setelah ISO dinaikkan.

3. Gunakan Lensa

Tips foto saat datang di konser musik selanjutnya adalah dengan bermain lensa lensa terbaik salah satunya yang mempunyai aperture besar yaitu F/2.8 ke bawah.

Pasalnya lensa dengan aperture yang besar bisa mengambil gambar dari jarak yang jauh namun hasilnya tetap jernih. Sayangnya harga lensa ini cukup mahal.
Jika Anda memiliki kesempatan untuk memfoto dari bibir panggung Anda bisa menggunakan lensa wide berdiafragma sedang untuk mendapatkan gambar yang bagus.

4. Setting White Balance Otomatis

Bagi Anda yang sering menonton konser pasti sudah tidak asing lagi dengan suasana atau keadaan di sana. Ya, biasanya konser musik dilengkapi dengan lighting berwarna-warni.

Adanya lighting ini membantu Anda untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan menarik, sekaligus menyulitkan karena harus mengatur white balance.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan setting white balance dengan otomatis.

Sehingga ketika terjadi lighting warna-warni di panggung setiap detik atau menitnya, Anda bisa menangkap gambar dengan menyesuaikan warna lampu panggung.

5. Minim Bergerak dan Tangkap Gambar dengan Cepat

Tips selanjutnya yaitu pastikan Anda tidak bergerak atau goyang-goyang ketika sedang memotret gambar.

Mungkin ini terkesan sulit, karena di dalam konser tersebut pastinya akan ada banyak orang yang bergerak atau menyenggol Anda tanpa sengaja.

Namun, Anda bisa mengatur diri Anda sendiri untuk tetap diam dan fokus ketika memotret.

Lalu Anda juga bisa menangkap gambar dengan cepat dan tepat. Hal ini ini membuat hasil foto tidak blur. Jika terlalu lama dalam memotret gambar, mungkin Anda akan kehilangan posisi atau moment yang Anda inginkan.

Mungkin memotret konser musik bukanlah hal yang mudah, namun dengan ketelatenan dan teknik yang tepat Anda bisa mendapatkan gambar yang bagus.

Bagi Anda yang rindu menonton konser musik namun suasana masih pandemi yang belum reda membuat Anda ragu, Anda bisa menonton konser musik virtual.

Ya, meskipun konser ini diadakan secara daring atau tidak bertemu langsung namun suasananya tidak kalah seru dan bisa menghapus kerinduan Anda dengan musisi kesayangan Anda.

Salah satu konser musik virtual yang seru adalah Synchronize Fest. Synchronize Fest merupakan konser musik tahunan yang diisi oleh multi genre berskala nasional.

Di sini Anda akan menikmati berbagai jenis musik yang menarik dari musisi terkenal.

Anda bisa mengikuti konser Synchronize Fest 2021 pada tanggal 11-13 Desember 2021 di syncronizeradio.com 24 jam nonstop dan menangkan hadiah masing-masing Rp500,000 serta voucher belanja Rp100,000 untuk 12 orang pemenang beruntung dari Blibli.

Blibli merupakan official ecommerce partner untuk Syncronize Fest tahun ini. Di Blibli ada berbagai produk yang bisa Anda temukan di blibli mulai dari produk elektronik, fashion, hingga peralatan rumah tangga.

Anda tak perlu khawatir berbelanja di Blibli, karena semuanya aman dan tidak mengecewakan. Berbelanja di Blibli jadi lebih mudah, praktis dan nyaman!
Itulah beberapa hal mengenai tips memotret konser yang bisa Anda ketahui.

Dengan menonton konser virtual kembali akan semakin mudah memotretnya, yakni bisa di screenshot.(*)