PPKB Muarojambi Terima penghargaan Menejemen Pelaksanaan Terbaik PK 2021

Kamis, 09 Desember 2021 - 19:38:15


Kepala Dinas BKKBN Muarojambi Firmansyah
Kepala Dinas BKKBN Muarojambi Firmansyah /

Radarjambi.oc.id-MUAROJAMBI-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB)  Kabupaten Muarojambi menerima penghargaan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, kategori Menejemen Pelaksanaa Terbaik Pendataan Keluarga 2021 (PK21).

Kategori manajemen, ketepatan rencana dengan hasil real atau kenyataan.
kemampuan gagasan atau terobosan yang didukung pemerintah atau bupati.

Mampu menarasikan kegiatan dengan permasalahan yang dihadapi dan perwujudan terhadap program yang ditinjau dari segi teknis pelaksanaan PK.21

Kepala Dinas BKKBN Muarojambi Firmansyah ketika dikonfirmasi mengatakan jika BKKBN Muarojambi dinilai memiliki kemampuan dalam mendata seluruh keluarga di Muarojambi sebanyak 106.000 kk.

''Data itu kita sampaikan dengan lengkap dengan validasi data 99,80 persen dari data keluarga. Dari total keluarga yang didata semua unsur keluarga kita data,'' ujar Firmansyah, (09/12).

Firman menjelaskan, faktor lain yang membuat Muarojambi menerima penghargaan ini yaitu dengan kecepatan laporan, analisa dan pengiriman data.

''Laporan kita lengkap analisa juga da pengriman data. Makanya kita dikategorikan manejemen terbaik,'' jelas Firmansyah.

''Selain itu kita juga mampu mengerakan pelaku usaha dalam mendukung pendataan keluarga 2021 yang dilakukan 5 tahun sekali. Dan Muarojambi baru pertama kali menerima penghargaannya,'' tambahnya.

Untuk mencapai data yang valid lanjut Firmansyah dirinya mengerakan seluruh sektor yang ada, sektor formal dan informal.

''Sektor formal kades, Camat, OPD, termasuk BUMN dan BUMD. Non formal seluruh pelaku usaha di Muaorjambi yang saat ini ada 24 pelaku, sebagai pendamping dalam pendataan keluarganya. Tugas pelaku usaha ini, menginfromasikan ke karyawanya bahwa ada petugas dinas Kependudukan akan melakukan pendatan mohon berikan data sekongkrit mungkin,'' jelas Firmansyah.

Firman menambahkan, dirinya juga mengerakan 740 kade BKKBN untuk melakukan pendataan dor to dor. 

''Ibu Bupati sangat mendukung dan mengucapkan terima kasih. Bahkan bupati juga melakukan lounching untuk pendataan keluarga di Provinsi Jambi. Ini wujud dukungan dan apresiasi Bupati terhadap BKKBN,'' kata Firmansyah.

''Muarojambi ini selain launching pedataan keluarga. Bupati juga melounching vaksin keluarga di Jambi. bersama Wakil Gubernur dan deputi BKKBN Pusat. Kita mendapat jatah 130 ribu dosis vaksin. Dan baru terlaksana 69 ribu, dan akan kita lanjutkan tahun depan,'' tukasnya. (akd)