Menakar Bobot Bakal Calon PJ Bupati Sarolangun 2022-2024

Rabu, 15 Desember 2021 - 21:02:15


Balon PJ Bupati Sarolangun
Balon PJ Bupati Sarolangun /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Masa Jabatan Bupati Sarolangun dan Wakil Bupati, H Cek Endra dan H Hillalatil Badri akan berakhir sekitar 5 setengah bulan lagi, atau ending sekitar 30 Mei 2022.

Pemilihan Umum Kepala Daerah akan dihelat serentak pada akhir tahun 2024 secara nasional. Untuk pengisi kekosongan kursi Bupati Sarolangun, nantinya akan dijabat oleh Penjabat (PJ) Bupati, yang mengacu pada peraturan perundang-undangan berlaku dengan mengikuti tahapan proses yang prosedural.

Siapakah Balon PJ Bupati Sarolangun 2022-2024 yang berbobot, pantas dan layak ? Sorotan terhadap deretan nama Balon PJ Bupati Sarolangun yang berasal dari pejabat aktif Pemkab Sarolangun maupun dari pejabat Pemprov Jambi mulai memunculkan perbincangan hangat di tengah masyarakat Sarolangun.

Berikut 3 nama yang mencuat dari pejabat Pemprov Jambi, yakni Ir M Fauzi MT, kini menjabat sebagai Kadis PU Pemprov Jambi. Dilirik dari latar belakang jabatan Ir M Fauzi MT cukup tangguh, seperti pernah menjabat sebagai Kabid BM PU Sarolangun, Kadis PU Sarolangun, Kadis Perkim Sarolangun, Asisten II Setda Sarolangun sekaligus merangkap jabatan sebagai Kadis LH Sarolangun, Kadisnaker Pemprov Jambi. bahkan pernah menjabat sebagai PJ Wali Kota Jambi.

Kedua, Jangcik Mohza kini menjabat sebagai Asisten III bidang administrasi Pemprov Jambi. Sebelumnya, Jangcik Mohza menjabat sebagai Kepala DPMPTSP Merangin. Sepak terjang jabatan Jangcik Mohza juga mengukir banyak pengalaman di birokrasi, misalkan tahun 2009 silam pernah menjabat Kabag Humas Pemkab Sarolangun, hingga pernah menjabat sebagai Kadisbudparpora Merangin.

Ketiga, Novriadi yang tengah menjabat sebagai Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Pemprov Jambi. Novriadi juga pernah menjabat sebagai Kabag Pembangun Setda Pemkab Sarolangun, Kepala Biro Pembangunan Setda Pemrov Jambi.

Sementara itu, Balon PJ Sarolangun yang berasal dari Pejabat Pemkab Sarolangun, yakni Ir Endang Abdul Naser, kini menjabat sebagai Sekda Sarolangun, sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kadis PU Sarolangun, Kadishub Sarolangun dan Asisten II Setda Pemkab Sarolangun.

Arief Ampera, kini menjabat sebagai Asisten I Setda Pemkab Sarolangun. Pengalaman tehadap jabatan yang sudah diemban pria jebolan IPDN ini cukup menarik, karena jenjang jabatan yang dijalaninya terukur dengan menuai nilai yang positif sejak pra pemekaran Kabupaten Sarko silam, dari Lurah, Camat hingga menyandang jabatan eselon II, seperti pernah menjabat sebagai Kadis PU Sarolangun, Kadisbudparpora Sarolangun, Kadis Perkim Sarolangun, Kadis PMD Sarolangun.

Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Jambi DR Dedek Kusnadi ketika dimintai pandangan via ponselnya terkait dengan bobot Balon PJ Bupati Sarolangun yang pass, apakah dimunculkan dari pejabat Pemprov Jambi, Kemendagri atau pejabat aktif dari Pemkab Sarolangun, menurutnya sebaiknya pejabat Pemkab Sarolangun, karena yang lebih memahami dari kinerja pejabat di daerah, namun bisa juga pejabat Pemprov Jambi.

"Karakter PJ yang pass tinggal menyesuaikan, kalau pengalaman sesuai lah dengan kinerja dan kepangkatannya, namun itu hak priogratif Gubenur yangg mengusulkan ke Mendagri, Tentu yang kita inginkan jelas yang rekam jejak dan kinerjanya baik, serta berpengalaman dalam birokrasi dan paham tentang tata kelola pemerintahan,"paparnya.

Dijelaskan DR Dedek Kusnadi, nama-nama muncul itu sah-sah saja bentuk dari banyaknya birokrat yang layak di posisikan sebagai PJ bupati, tapi harus memenuhi unsur administrasi syarat dan peraturan yang berlaku. Hanya saja, belum tentu juga nama-nama yang muncul itu sudah pasti, bisa saja muncul lagi yang lain sesuai dengan kapasitasnya

"Yang penting, proses penggodokan PJ Bupati Sarolangun akan disesuaikan dengan aturan Mendagri,"tandasnya. (ciz)


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S