Lomba Pacu Perahu dan Ketek Hias

Senin, 27 Desember 2021 - 19:46:16


Salah satu peserta ketek hias
Salah satu peserta ketek hias /

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melaksanakan agenda akhir tahun dengan perlombaan pacu perahu tradisional dan ketek hias yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Budaya Kota Jambi.

Kegiatan yang di selenggarakan di Rest Area Danau Sipin, Minggu (26/12) ini di hadiri masyarakat Jambi yang ikut memeriahkan acara dengan mengedepankan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Diketahui pada akhir tahun 2020 Pemkot Jambi tidak dapat melaksanakan kegiatan karena pandemi covid-19 yang melanda Kota Jambi hingga semua kegiatan di tiadakan, termasuk perlombaan pacu perahu.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan agenda pelombaan perahu tradisional dan ketek hias ini diinisiasi oleh Dinas Periwisata dan Budaya Kota Jambi.

Perlombaan ini juga menjadi salah satu cara Pemkot untuk memberikan hiburan kepada warganya yang tidak bisa berpergian keluar kota akibat pandemi COVID-19.

"Ini hiburan untuk anak-anak yang orang tuanya tidak bisa mudik atau keluar kota di saat libur natal dan tahun baru ini,"kata Fasha.

Pemkot sendiri menyiapkan hadiah uang tunai untuk pemenang lomba ini. Ke depannya dikatakan Wali Kota akan semakin banyak kegiatan -kegiatan dan hiburan yang akan dilaksanakan di kawasan Danau Sipin Kota Jambi ini.

"Untuk tahun depan akan slbanyak kegiatan yang dilaksanakan di Danau Sipin ini,"ujarnya.

Fasha juga berikan apresiasi kepada seluruh camat atas ketek hias yang menggunakan tabungan sendiri, karena di ketahui semua anggaran di pangkas.

"Salut kepada camat yang gigih menghias ketek untuk mengikuti kegiatan ini, selamat kepada camat," ujarnya.

Kepada warga danau sipin, Fasha berpesan agar jangan ada lagu tanggul ikan, karena danau sipin akan dilaksanakan berbagai macam perlombaan.

"Saya harap warga dapat memahami ini, kami Pemkot akan melaksanakan berbagai macam kegiatan nanti, semoga di tahun 2022 pandemi covid-19 sudah hilang di Kota Jambi," pintanya.

Adapun hadiah yang di dapat seperti lomba pacu perahu tradisional type A dan Type B. Type A juara I di berhadiah uang tunai 20 juta, juara II 15 juta, Juara III 12.500.000, Juara IV 10 juta. Untuk Perahu tradisional Type B, juara I berhadiah 15 juta, juara II 10 juta, juara III 7,5 juta, juara IV 5 juta.

Tak hanya itu, ketek hias yang di ikuti para Camat juga mendapatkan hadiah uang tunai yanga mana juara I si menang kan Camat Danau Sipin mendapatkan 15 juta, Camat Jelutung 10 juta, Camat Jambi Timur 7,5 juta, Camat Pelayangan 5 juta.

Suasana yang semakin meriah dengan berbagai keunikan yang di lakukan para camat yang mana Kategori Gokil dimenangkan oleh camat Pasar, Terlasak Camat Telanaipura, Terpikat Camat Pal Merah, Terjomblo Camat Kota Baru, Terbilang Camata Alam Barajo, Terenyah Camat Danau Teluk dan Tergokow Camat Jambi Selatan.

Fasha mengucapkan Terima Kasih kepada Dinas Pariwisata dan Kepada seluruh masyarakat yang telah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat serta turut memeriahkan acara perlombaan.

"InsyaAllah di tahun 2022 danau sipin akan banyak di laksanakan kegiatan," tutupnya.

Acara di saksikan dan dilepas langsung Walikota Jambi, Wakil Walikota Jambi bersama Forkopimda Kota Jambi. (ria/akd)





Sabtu, 02/07/2022 17:38:02

Dinamika Pembelajaran Jarak Jauh

Ditjen Perkebunan Akan Uji DNA Benih PSR
Sabtu, 02/07/2022 12:38:56
Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
Sabtu, 02/07/2022 12:12:55
Merayakan Kelulusan
Sabtu, 02/07/2022 12:04:10
Sistem Pendidikan di Indonesia
Sabtu, 02/07/2022 11:53:12