Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun 2023 Disepakati

Rabu, 23 Maret 2022 - 18:17:13


Sukses Musrenbang RKPD 2023
Sukses Musrenbang RKPD 2023 /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2023 dibuka oleh Bupati, H Cek Endra Rabu (23/03) sekitar pukul 10.00 WIB di ruang pola Kantor Bupati Sarolangun.

Musrenbang RKPD 2023 mengusung tema, pemulihan ekonomi melalui pemantapan infrastruktur dan daya saing daerah.

Kegiatan akbar yang dihelat oleh Pemkab Sarolangun melalui Bappeda Sarolangun, sekaligus menyepakati RKPD Kabupaten Sarolangun 2023 yang ditandai dengan penandatanganan berita acara kesepakatan oleh H Cek Endra didampingi Wabup B Hillalatil Badri bersama perwakilan Kepala OPD, Asisiten, Camat, Tomas. Ini disaksikan oleh Ketua DPRD Tontawi Jauhari, Ketua Komisi I H Pahrul Rozi, Ketua Komisi II Hermi SSos, Ketua Komisi III H Hurmin dan para tamu undangan yang hadir.

Nara sumber Musrenbang RKPD menghadirkan, Direktorat Perhutanan Sosial dan Kementrian Lingkungan Hidup Catur Endah Prasetiyani, Dirjen Bina Pemerintah Daerah Kemendagri Evin Mei Anipian, Kepala Bappeda Provinsi Jambi diwakili Kabid Perencanaan Nurjannah, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, unsur Forkompinda, para camat, Tomas, LSM, OKP dan Ormas.

Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad mengatakan, kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun didasari atas Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Hal ini didorong oleh rangkaian-rangkaian yang sudah dilakukan selama ini, tentu RKPD Sarolangun 2023 akan disinkronisasikan dengan kebijkan nasional. prioritas nasional dan kebijkan Provinsi Jambi.

"Musrenbang RKPD berujuan untuk membahas rancangan RKPD 2023, sebagai wahana antara pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program kegiatan pembangunan daerah. sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah,"sebutnya.

Menurutnya, tahapan RKPD 2023 pada prinsipnya dilaksanakan secara meraton sesuai dengan amanh Permendagri. jika sebelumnya telah dilakukan rangkaian tahapan perencanaan pembangunan, dari Musrenbang desa dan kelurahan yang dilaksanakan sejak tanggal 13 desember 2021 hingga 5 januari 2022, Musrenbanga kecamatan dilaksanakan sejak tanggal 12 Januari 2022 hingga 2 februari 2022, kemudian melaksanakan forum konsultasi publik dan forum Gabungan OPD. Musrenbang RKPD yang dilaksanakan ini sebagai puncak perencanaan pembangunan daerah.

"Musrenbang RKPD 2023 ini akan ditandatangani sesuai dengan kesepakatan yang kita lakukan,"tegasnya.

Menariknya, H Muhammad mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sarolangun tahun 2021 cukup membanggakan, berada di angka sebesar 6,61 perse, sesuai dengan rilis Badan Pusat Statistik.

"Pertumbuhan ekonomi Sarolangun dengan angka 6,61 persen merupakan tertinggi Provinsi Jambi,"tambahnya.

Sementara itu, Bupati Sarolangun Cek Endra menyambut baik pelaksanaan Musrenbang RKPD yang merupakan terakhir kalinya dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Menurutnya, dengan pelaksanaan ini nantinya dapat merumuskan penyusunan perencanaan pembangunan yang selaras dengan RPJMD Provinsi Jambi dan pemerintah pusat.

“Sarolangun juga memiliki hasil tambang yang banyak yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Pusat pengembangan ekonomi kita, Perencanaan kita sudah bagus tapi yang kurang itu keuangan daerah kita. Sehingga aspirasi dan usulan dari masyarakat telambat realisasinya,” katanya.

Cek Endra berharap, melalui Musrenbang ini dapat merumuskan perencanaan pembangunan daerah dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di Kabupaten Sarolangun, khususnya persoalan illegal driling di kecamatan Pauh dan persoalan aktivitas penambangan emas tanpa izin.

"Pemerintah Kabupaten Sarolangun tetap fokus dalam peningkatan ekonomi kerakyatan sebagaimana program pemerintah pusat di tengah masa pandemi virus Corona. bahkan sudah ada program Percepatan Pembangunan desa dan Kelurahan (P2DK) yang memiliki tujuan untuk peningkatan ekonomi desa,"terangnya.

Disela itu, H Cek Endra juga memberikan piagam penghargaan perencanaan pembangunan terbaik bagi jajaran OPD Kabupaten Sarolangun pada kategori badan, dinas dan kecamatan dan penyelengara musrenbang terbaik.

Dipenghujung acara juga dibuka sesi tanya jawab yang dimotori oleh H Pahrul Rozi sebagai moderator.

 

PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S