H Cek Endra Tegaskan DD Bermanfaat untuk Masyarakat

Jumat, 11 Maret 2022 - 14:04:44


Bupati Sarolangun, H Cek Endra
Bupati Sarolangun, H Cek Endra /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN – Total Anggaran Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat untuk 149 desa di Kabupaten Sarolangun pada tahun 2022 mencapai sekitar Rp 128 Miliar.

Bupati Sarolangun, H Cek Endra menegaskan, agar DD dapat digunakan seoptimalkan mungkin untuk kesejahteraan masyarakat. Tentu, hal ini membutuhkan perencanaan yang matang yang selaras dengan perencanaan pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun.

“Besaran DD yang diterima untuk masing-masing desa diperkirakan mencapai Rp 1 Miliar,"sebut H Cek Endra

Cek Endra meminta kepada 11 Camat agar mengundang para Kades agar melakukan pemaparan perencanaan DD, guna mengetahui program prioritas yang dirancang oleh Desa.

“Jangan sampai merancang program yang tidak prioritas, kami mengarahkan untuk peningkatan ekonomi,"ucapnya.

Perlu diketahui, Jumlah DD tahun 2022 menurun jika dibandingkan dengan besaran dana desa tahun 2021 mencapai Rp 131 Miliar.

Alokasi dana desa untuk 149 desa yang ada di Kabupaten Sarolangun akan diperuntukkan untuk berbagai program pembangunan desa. Antara lain, 40 persen untuk Bantuan Langsung Tunai untuk masyarakat desa yang terkena dampak covid-19, sebesar 8 persen untuk penanganan covid-19 di desa dalam melaksanakan protokol kesehatan maupun pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Selain itu, 20 persen untuk ketahanan pangan dan hewani, 40 persen untuk BLT yang wajib dilaksanakan dan selebihnya untuk pekerja fisik, honor paud, pencegahan stunting


PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S

 

 

 

 



Sumber: JPNN.COM