Maulana Pimpin Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan

Rabu, 06 April 2022 - 23:29:02


/

Radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Wakil Walikota Jambi, Maulana memimpin rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Jambi, di Aula Bappeda Kota Jambi. Rabu (06/04)

Angka kemiskinan di Kota Jambi tahun 2021 meningkat siginifikan. Wakil Walikota Jambi, Maulana mengatakan, rakor ini merupakan yang perdana di tahun 2022.

Pihaknya mengumpulkan seluruh OPD terkait dengan program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat miskin. Tak terkecuali pihak lainnya, seperti Baznas dan BPS serta lainnya.

“Rakor ini untuk menerima laporan program kegiatan yang dilakukan tahun ini. Secara umum ada program penting menurunkan beban pengeluaran rumah tangga, tentu dengan adanya koordinasi yang berkesinambungan antar OPD,” terang Maulana.

Selain itu, juga ada pemberdayaan serta pemberian modal terhadap masyarakat miskin agar memiliki pekerja dan kemampuan mendapatkan pendapatan yang lebih dalam rumah tangga.

 “Termasuk program memperbaiki lingkungan masyarakat yang kurang mampu. Seperti penyediaan air bersih, septik tank, drainase, taman dan lainnya,”ujarnya.

Lanjut Maulana, tahun lalu juga telah banyak program dan kegiatan yang dilakukan dalam penanggulangan kemiskinan di Kota Jambi. Tentunya, program itu memiliki daya ungkit menanggulangin kemiskinan yang ada.

Di mana pada masa pandemi kemarin, Pemkot Jambi turut menyasar warga-warga yang terdampak Covid-19. Seperti dengan memberikan relaksasi ekonomi kepada pelaku usaha, memberikan bantuan sembako, membuat program padat karya serta program-program lainnya.

 “Memang ada terjadi kenaikan kemiskinan. Penyebabnya juga tak lain pandemi. Saya yakin, dengan program kita tahun ini, Oktober mendatang dalam rilis BPS, Insya Allah angka kemiskinan kita turun,” tegasnya.

Maka dari itu, rakor tersebut juga disebutkan Maulana memfokuskan prioritas program tahun 2022. Melalui masing-masing OPD untuk menyasar masyarakat miskin.(ria/akd)