Pastikan Calon Jemaah Haji Berjalan Dengan Baik, 321 Jemaah di Vaksin Meningitis

Kamis, 12 Mei 2022 - 11:32:56


/

Radarjambi.co.id-KOTA JAMBI - Wakil Wali Kota Jambi, Maulana di dampingi Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Jambi dan Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja Kota Jambi, meninjau pelaksanaan vaksinasi meningitis bagi 321 orang calon jemaah Haji Kota Jambi.

Peninjauan vaksinasi yang berlangsung di Halaman Dinas Kesehatan Kota Jambi, Kamis (12/05),

Guna memastikan proses awal para calon jemaah haji di kota Jambi bisa berjalan dengan baik. Kepada calon jemaah haji dilakukan skrining kesehatan yang standar termasuk hingga vaksinasi meningitis.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan bahwa bagi para wanita usia subur agar tidak ada kehamilan awal mulai saat ini sampai dengan menjelang keberangkatan.

"Ini akan terindikasi diberikannya vaksinasi meningitis, kalau tidak bisa vaksin meningitis maka para jemaah tidak bisa berangka," katanya.

"Kita juga di minta memaksimalkan diri dengan persiapan-persiapan yang baik, salah satunya kemampuan di bidang kesehatan, fisik, karena hal tersebut merupakan salah satu yang bisa menggagalkan keberangkatan," tambahnya.

Terdapat pembinaan-pembinaan rutin dari puskesmas termasuk peningkatan kesehatan jasmani, kebugaran yang mana ibadah haji memerlukan fisik yang prima. Pemeriksaan fisik juga di lakukan seperti pemeriksaan laboratorium, darah, urin hingga wanita subur melakukan pemeriksaan kehamilan.

"Kalau semua sudah memenuhi syarat, maka di berikan vaksinasi meninginitis yang wajib hingga Ifluensa yang di anjurkan," terang Maulana.

Maulana juga berpesan tentang protokol kesehatan agar covid-19 tidak mengganggu keberangkatan hingga pada saat proses menjalankan ibadah haji harus tetap menggunakan masker.

"Ini penting untuk menjaga tertularnya penyakit-penyakit lain karena jemaah akan berkumpul dengan seluruh calon jemaah haji di dunia," pungkasnya. (ria/akd)