Sani Harap IKAPTK Turut Berkontribusi Bangun Jambi

Kamis, 16 Juni 2022 - 22:37:48


 Kongres IKAPTK Provinsi Jambi dalam rangka Pemilihan Ketua IKAPTK Periode 2022
Kongres IKAPTK Provinsi Jambi dalam rangka Pemilihan Ketua IKAPTK Periode 2022 /

RADARJAMBI.CO.ID-Wakil Gubernur Jambi, H Abdullah Sani mengharapkan, Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Jambi turut memberikan kontribusi dalam membangun Provinsi Jambi. Hal tersebut disampaikan Sani saat membuka Kongres IKAPTK Provinsi Jambi dalam rangka Pemilihan Ketua IKAPTK Periode 2022-2027, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (16/06/2022).

“IKAPTK Provinsi Jambi harus turut memberikan gagasan kreatif dan konstruktif dalam proses pembangunan Provinsi Jambi, khususnya dalam tata kelola pemerintahan. IKAPTK harus menjadi pelopor dalam melakukan berbagai inovasi pada tata kelola pemerintahan untuk kemajuan Provinsi Jambi kedepannya,” ujar Sani.

Sani memberikan apresiasi terhadap peran alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan dalam pemerintahan, dan IKAPTK sebagai wadah para alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan. “Para alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan telah bekerja dan berkarya dalam upaya membangun daerah guna meningkatkan kemajuan daerah,” kata Sani.

Sani menuturkan, pemerintah terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik dalam semua sektor pembangunan guna memenuhi kepuasan masyarakat. Alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan yang bekerja dalam pemerintahan, harus mampu meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan pelayanan publik dengan meningkatkan kualitas diri, baik kompetensi skill (keahlian), knowledge (pengetahuan), attitude (sikap), dan kompetensi manajerial.

“Sebagai aparatur pemerintahan, kita harus memahami core values and employer branding Aparatur Sipil Negara, serta harus mampu melaksanakannya pada setiap pekerjaan dalam upaya penguatan budaya kerja dan bagian dari strategi akselerasi transformasi sumber daya manusia aparatur dalam mendukung Reformasi Birokrasi,” tutur Sani.

Sani mengharapkan pada kongres ini terpilih ketua yang bisa memimpin IKAPTK Provinsi Jambi dengan lebih baik lagi, bisa menjadikan IKAPTK Provinsi Jambi sebagai wadah silaturahmi, wadah saling asih asah dan asuh, wadah untuk saling membangun dan meningkatkan kompetensi, serta wadah untuk menghimpun gagasan-gagasan kreatiif dan cerdas, sebagai masukan kepada pemerintah dalam penyusunan dan pelaksanaan program pembangunan di masa mendatang.

Wakil Ketua Pusat IKAPTK, Idham Kholik mengemukakan, IKAPTK adalah wadah untuk menampung dan membina para aparatur sipil negara yang memiliki spesifikasi kapasitas kepamongprajaan dalam penyelenggaraan pemerintahan baik di Pusat maupun di Daerah.

“Organisasi ini merupakan forum Komuniksi Alumni Sekolah Pamong Praja yang meliputi Kursus Dinas C (KDC), Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN), Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Melalui wadah ini diharapkan agar para alumni yang dikenal sebagai Purna Praja dapat membangun sinergi dengan sumber daya lain dalam pemerintahan agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan mengesampingkan egoisme dan ekslusivisme sehingga menempatkan diri dengan baik dimanapun bertugas serta bisa membantu pemerintah dalam pembangunan, kata Idham Kholik.(*)