Kemenag Jambi imbau calon haji jtak bepergian jelang keberangkatan

Selasa, 21 Juni 2022 - 22:51:37


Kepala Sub Koordinasi Bina Haji Reguler Kemenag Provinsi Jambi Muhamad Bafadol di Jambi
Kepala Sub Koordinasi Bina Haji Reguler Kemenag Provinsi Jambi Muhamad Bafadol di Jambi /

RADARJAMBI.CO.ID- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menghimbau seluruh calon haji asal daerah itu untuk dapat menjaga kesehatan menjelang keberangkatan menuju Arab Saudi.

"Kepada calon jamaah haji diimbau untuk dapat menjaga kesehatan fisik, dan mengurangi aktivitas ke luar rumah," kata Kepala Sub Koordinasi Bina Haji Reguler Kemenag Provinsi Jambi Muhamad Bafadol di Jambi, Senin.

Ia menjelaskan kondisi fisik yang sehat memudahkan proses keberangkatan jamaah calon haji menuju Arab Saudi, di mana saat berada di embarkasi antara, dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap mereka, salah satunya dilakukan pemeriksaan PCR COVID-19.

Para calon haji asal Provinsi Jambi mulai memasuki asrama haji pada tanggal 24 Juni 2022, selanjutnya dari asrama haji mereka menuju Batam yang selanjutnya perjalanan ke Mekkah, Arab Saudi.

"Dari Jambi menuju Batam calon jamaah haji menggunakan maskapai Lion Air," kata Muhammad Bafadol.

Di Bandara Sultan Thaha jambi, JCH disiapkan pintu keberangkatan jalur khusus. Jalur khusus tersebut disiapkan pihak bandara untuk mempermudah administrasi mereka saat memasuki pesawat.

Pada tahun ini, JCH juga dilengkapi berbagai fasilitas untuk memudahkan mereka menjalankan ibadah haji, salah satunya kartu identitas calon haji yang dilengkapi dengan barcode.

Kartu identitas tersebut diberikan saat calon haji memasuki embarkasi antara Provinsi Jambi di asrama haji.

"Kartu identitas diberikan saat calon jamaah haji tiba di asrama haji, akan ada pelayanan terpadu, mulai dari pemeriksaan kesehatan, pemberian living cost (biaya hidup), gelang identitas dan kartu identitas," kata dia.

Kartu identitas tersebut berguna untuk memudahkan pemberian layanan kepada calon haji, mulai dari keberangkatan sampai tiba di Arab Saudi. Selain itu, barcode yang tertera di kartu identitas tersebut terkoneksi dengan aplikasi Haji Pintar.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag Jambi imbau calon haji jaga kesehatan, jelang keberangkatan.(*)