DPRD Jambi Dorong Percepatan Pembangunan Jalan Tol

Kamis, 30 Juni 2022 - 21:38:58


Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwant
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwant /

RADARJAMBI.CO.ID- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi mendorong percepatan pembangunan ruas tol Betung-Jambi-Rengat yang merupakan bagian dari tol Trans Sumatera di wilayah Jambi.

"Kita akan melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR terkait dengan percepatan pembangunan ruas jalan tol di wilayah Jambi," kata Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto di Jambi, Kamis.

Hingga saat ini pembangunan jalan tol trans sumatera masih dalam tahap pembebasan lahan. Dimana masih terdapat beberapa bagian lahan yang masih dalam proses ganti untung oleh Pemerintah.

Menurut Ewdi Purwanto, perlu dilakukan percepatan pembangunan jalan tol di wilayah Jambi agar pembangunan jalan tol terselesaikan tepat waktu sesuai dengan yang ditargetkan. Dan jika tidak dilakukan percepatan pembangunan dikhawatirkan pembangunan jalan tol tidak sesuai dengan yang direncanakan.

"Kita juga telah mendorong Pemerintah Provinsi Jambi untuk melakukan percepatan dan melakukan koordinasi yang intens terkait dengan progres pembangunan jalan tol tersebut," kata Edi Purwanto.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Jambi Bosar Pasaribu mengatakan sembari menyelesaikan proses ganti untung pembebasan lahan, pembangunan jalan Tol Trans Sumatera di wilayah Jambi dalam tahap desain bangunan untuk keperluan tender pekerjaan.

"Untuk tahap awal pembangunan ruas tol Sumatera di Jambi akan diselesaikan 52 kilometer," kata Bosar.

Di tahap awal dilakukan pembangunan dari batas Provinsi Sumatera Selatan ke Nes, Kabupaten Muaro Jambi. Yakni dari Betung-Jambi sepanjang 15 kilometer, kemudian dari Tempino ke Ness sepanjang 18 kilometer. Selanjutnya disambung dari Nes ke Bukit Cinto Kenang, sengeti Kabupaten Muaro Jambi sepanjang 18 kilometer.

"Kita optimis sampai tahun 2024 jalan tol Trans Sumatera di wilayah Jambi selesai," kata Bosar Pasaribu.(HAR)