Ini Kata BBTNKS Terkait Penyebab Kematian Harimau Citra Kartini ?

Jumat, 22 Juli 2022 - 16:33:51


/

RRADARJAMBI.CO.ID+SungaiPenuh- Paska ditemukan jasat Harimau sumatra (HS) Citra Kartini yang dilepasliarkan di zona inti kawasan TNKS di wilayah Desa Baru Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Selasa, 19 Juli 2022 kemarin.

Setelah Tim Gabungan BBTNKS-TPCU, PHS-KS & MHS-KS (FFI-IP) melakukan evakuasi dan dilanjutkan dengan pemeriksaan nekropsi terhadap kadaver oleh drh.

Dwi Sakti Nusantara dan drh.Kenda Adhitya Nugraha yang disaksikan oleh petugas BBTNKS, BKSDA Jambi bersama Tim Gabungan Evakuasi.

Disimpulkan bahwa HS Citra Kartini didiagnosa SEPSIS, yaitu suatu kondisi dimana semua organ mengalami perdarahan dan ditandai dengan tanda pucat pada selaput organ.

Ditemukan perubahan-perubahan pada organ menunjukkan adanya peradangan pada hati, ginjal, paru, pembesaran jantung (penebalan otot jantung) dan kekurangan cairan tubuh dan anemia akut.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab kematian HS Citra Kartini, maka beberapa sampel organ akan dikirim untuk uji laboratorium di Balai Veteriner Bukit Tinggi.

“Balai Besar TNKS sangat bersedih dan merasa kehilangan atas kematian HS Citra Kartini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada mitra dan masyarakat yang terus membantu dan mendukung dalam pemantauan, pengamanan dan evakuasi HS,” ungkap Pratono Puroso Kepala Balai Besa TNKS dalam Surat Konferensi pers. (mko/akd)