Robinson Sirait : Jembatan Sementara Desa Mekar Sari Makmur Dibangun Swadaya Masyarakat

Kamis, 22 September 2022 - 21:44:47


Robinson Sirait melihat jembatan sementara desa Mekar Sari Makmur
Robinson Sirait melihat jembatan sementara desa Mekar Sari Makmur /

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Usai ambruk dan putus akibat faktor alam jembatan di Desa Mekar Sari Makmur, Sungai Bahar kini bisa dilalui setelah dibangun jembatan sementara hasil swadaya masayarakat dan bantuan beberapa perusahaan.

''Ya masyarakat secara swadaya membangun jembatan sementara. Dan kondisi terakhir jembatan Desa Mekar Sari yang putus beberapa waktu lalu kini sudah bisa digunakan dan dilalui kendaraan,'' tutur Anggota DPRD Muarojambi Robinson Sirait (22/09).

Karena bersifat sementara, lanjut Robinson jebatan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan kecil saja. ''Truk bisa melintas tapi harus muatan yang kosong. Kalau truk yang berisi muatan dilarang. Ini sudah menjadi kesepakatan RT dan warga,'' ujarnya.

Untuk kendaraan besar seperti truk yang membawa muatan kata Politisi PAN ini, dialihkan melewati jalan unit 5 yang bisa menuju ke Polsek dan unit 1.

''Karena APBd perubahan sudah disahkan jadi tidak bisa dianggarkan pembangunan jembatan baru. Tapi tahun depan di APBD murni jembatan itu akan dibangun. Dan saya sebagai anggota dewan ingin jembatan tersebut dibangun secara permanen,'' ujarnya.

Robinson memberikan apresiasi terhadap Pj Bupati Muarojambi, Bachyuni Deliansyah, Dinas PU, Camat Agus Riadi, Kades Budiyono serta masyarakat setempat.

''Pj Bupati cepat tanggap. Ketika kejadian langsung menurunkan alat berat untuk mengangkat baterial jembatan yang roboh. Dan saya berterimakasih pada masyarakat yang telah bersabar menjelang jembatan dibangun,'' katanya.

Jembatan sementara tersebut dibangun dengan menggunakan batang kelapa. ''Dulu jembatan itu dibangun swadaya juga dan tidak dengan kontruksi PU. Terima kasih juga, pada masyarakat yang telah mencari batang kelapa sehingga jembatan sementara ini berdiri. Ini demi kepentingan kita bersama,'' timpalnya. (akd)