Buka Pelatihan Petugas Regsosek 2022, Edi Purwanto Minta Petugas Jaga Integritas

Selasa, 27 September 2022 - 22:11:31


Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto / Humas DPRD Provinsi Jambi

RADARJAMBI.CO.ID-Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto membuka Pelatihan Petugas Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di Odua Weston Hotel, Kota Jambi, Selasa (27/9/2022). 

Dalam sambutannya Edi menyampaikan bahwa data yang dihasilkan Regsosek sangat penting untuk meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah. Seperti program perlindungan sosial, program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, dan lain-lain.  

“Data-data ini sangat penting, maka saya sangat berharap bapak ibu dalam melakukan pendataan benar-benar menjaga integritas, profesionalitas dan menjaga amanah yang telah diberikan,” terang Edi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi ini juga menghimbau kepada para petugas agar menjalankan tugas pendataan dengan sabar karena akan menghadapi masyarakat dengan berbagai karakter dan latar belakang.

“Jadi harus sabar, jangan pulo ngisi dewek, tembak di atas kudo, karena capek katanya, jangan jok, beduso jok,” himbau Edi disambut tawa para hadirin. 

Edi menambahkan bahwa selain integritas dan profesionalitas petugas pendataan. Kualitas data juga akan semakin terjaga jika diketahui tidak hanya oleh Kepala Desa/Lurah, tapi juga oleh BPD, Babinkamtibmas dan Babinsa.

Regsosek (Registrasi Sosial Ekonomi) adalah pendataan seluruh penduduk yang dilaksanakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial. Untuk pendataan di kota Jambi melibatkan 856 orang petugas.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BPS Provinsi Jambi, Agus Sudibyo, Kepala BPS Kota Jambi, Ahmad Fauzie, para Instruktur dan peserta pelatihan.(*) 

 

Penulis: Har
Editor: Ansori