Kota Jambi Sukses Gelar Sarasehan Istri Wali Kota Se-Indonesia

Kamis, 24 November 2022 - 21:32:07


/

Radarjambi.co.id-KOTA JAMBI – Kota Jambi sukses menjadi tuan rumah gelaran acara Sarasehan Istri Wali Kota Se-Indonesia. Acara yang berlangsung selama 3 hari (23 s.d. 25 November 2022) tersebut, antusias diikuti oleh sejumlah Istri dari Wali Kota se-Indonesia beserta delegasi, turut hadir pada acara yang perdana dilaksanakan di Indonesia tersebut.

Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) bersama Pemerintah Kota Jambi, sebagai tuan rumah penyelenggaraan event nasional tersebut.

Ini kali kedua Kota Jambi menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan nasional APEKSI, setelah sebelumnya pada tahun 2017 lalu, Kota Jambi juga sukses menggelar Munas APEKSI (Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia).

Pada acara pembukaan yang berlangsung pada Kamis (24/11) di Hotel BW Luxury ini, menghadirkan berbagai suguhan atraksi kebudayaan Kota Jambi. Mulai dari tarian, lagu, kuliner, wastra dan budaya Kota Jambi lainnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, Ketua Umum Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya Sugiarto, Inspektur Jenderal Kemendagri Komjen Pol. Tomsi Tohir Balaw, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H. Sudirman dan Forkompimda Kota Jambi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengucapkan terima kasih atas kehadiran para Istri Wali Kota se-Indonesia di Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi, pada acara Sarasehan Nasional Istri Wali Kota se-Indonesia tersebut.

"Kami ucapkan terimakasih kepada para tamu undangan yang hadir. Selamat datang di Kota Jambi dan selamat menikmati suasana di Kota Jambi. Sarasehan Nasional Istri Wali Kota se-Indonesia ini baru pertama kali terselenggara di Indonesia dan dimulai dari Kota Jambi. Kita harapkan bisa terus berlanjut untuk tahun-tahun selanjutnya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Fasha tidak menyiakan kesempatan untuk mempromosikan beragam tempat wisata yang harus didatangi saat berada di Kota Jambi. Seperti Candi Muaro Jambi, Kawasan Wisata Danau Sipin, dan kawasan Jambi Kota Seberang.

"Kota Jambi memiliki danau alami di tengah kota, yaitu Danau Sipin. Tak jauh dari sini juga ada Candi Muaro Jambi. Candi ini merupakan sebuah kompleks percandian di Provinsi Jambi yang diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Kompleks Candi Muaro Jambi ini disebut-sebut sebagai kompleks candi terluas dan tertua di Indonesia dan Asia Tenggara dengan luas mencapai 4.000 hektare. Keunikan lain dari candi yang ditemukan pada abad ke-19 ini berada tepat di tepi Sungai Batanghari, sungai terpanjang di Pulau Sumatera," ujar Fasha.

Berkaitan dengan kegiatan Sarasehan, Fasha sampaikan bahwa para istri memiliki peran strategis dalam mendukung kinerja suami, yang notabene adalah kepala daerah dan pemimpin di daerah masing-masing.

"Kita berharap para istri bisa berbuat banyak kedepannya, baik dalam mendukung peran suami menjalankan pemerintahan di daerah, maupun peran strategis dalam mendorong dan mensupport upaya percepatan program pembangunan di daerah masing-masing. Kami yakin dengan kekuatan para istri.

Melalui sarasehan ini, semoga ada terobosan baru yang dibuat oleh istri para Wali Kota di Indonesia," ujar Fasha.

Sementara Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya mengatakan, jika para istri Wali Kota ini juga memegang peranan penting dalam memajukan sebuah bangsa.

Banyak juga jabatan-jabatan yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan, namun secara otomatis bisa dilaksanakan oleh para istri Wali Kota.

“Wali Kota hanya menjabat satu jabatan. Berbeda dengan ibu Wali Kota, bisa banyak jabatan. Ketua TP PKK, Ketua Dekranasda, Bunda PAUD, Bunda Literasi dan jabatan-jabatan lainnya. Makanya perlu sinergitas dan diberikan pembekalan,” kata Bima.

Dia menyebutkan, Sarasehan Nasional Istri Wali Kota se-Indonesia tahun 2022 di Kota Jambi ini baru pertama kali dilakukan. Oleh karena itu, dia berharap dapat berlanjut ke tahun-tahun berikutnya.

“Tentunya kita dukung ini para istri wali kota untuk berkumpul dan bertukar pemikiran dan berbagi pengalaman. Silahkan ditentukan saja nanti tuan rumah selanjutnya,” katanya.

Sedangkan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir Balaw mengatakan, peran istri wali kota selain mendukung dan membantu tugas-tugas dan tanggungjawab wali kota, juga membangkitkan peran serta masyarakat baik dalam masalah keluarga, ekonomi, Kesehatan dan juga ketahanan keluarga.

“Peran lain juga membangkitkan UMKM, pengrajin, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dia juga menyoroti banyak kasus anak-anak baik kekerasaan, bullying yang tersiar di media sosial.

Sehingga hal ini perlu mendapatkan perhatian serius dari para istri wali kota. Selain itu, kemajuan tekhnologi juga banyak mempengaruhi tumbuh kembang anak. Kadang justru berpengaruh negatif.

“Dari kegiatan Sarasehan Nasional Istri Wali Kota se-Indonesia ini saya berharap para istri wali kota semakin aktif dan dapat memberikan dukungan terhadap seluruh kegiatan.

Sehingga tercipta sinergitas, serta dalam bertugas di wilayah masing-masing bisa menggerakkan partisipasi masyarakat dan menjaga kearifan local sebagai identitas wilayah,” pungkasnya.

Tidak hanya menjadi ajang diskusi, promosi dan pertukaran ide, pembukaan Acara Sarasehan Istri Wali Kota juga diisi dengan persembahan tarian, musik dan parade peragaan busana batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia dilanjutkan dengan pemaparan materi secara daring oleh Ketua Umum TP PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Ny. I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Selain itu, acara ini juga diisi dengan sharring session oleh Istri Wali Kota Jambi, Istri Wali Kota Bogor, Istri Wali Kota Lubuk Linggau, dan Istri Wali Kota Malang. Puncak acara juga diisi dengan motivational talk oleh motivator nasional Merry Riana.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan di buka sarasehan diawali dengan welcome dinner dan pembukaan expo.

Perempuan Indonesia Expo yang merupakan side event dari acara Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia, resmi dibuka oleh Ibu Gubernur Jambi, Hesti Haris, bertempat di lantai dasar Hotel BW Luxury Jambi. Expo tersebut menampilkan stand berbagai kota di Indonesia, swasta dan UMKM unggulan.

Selain itu expo tersebut juga menjadi ajang promosi kesenian dari daerah se-Indonesia. Pada malam gala dinner, seluruh peserta acara disuguhi dengan beragam sajian kesenian dan kuliner khas Jambi, serta pertunjukan bintang tamu penyanyi Charlie Van Houten.

Kegiatan Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia di Kota Jambi ini, mampu membawa dampak positif bagi geliat ekonomi kerakyatan di Kota Jambi dan Provinsi Jambi karena membawa dampak multiplier effect bagi ekonomi masyarakat.

Geliat ekonomi masyarakat Kota Jambi meningkat dengan ramainya kunjungan dari luar Kota Jambi yang menyemarakkan sektor wisata, akomodasi, transportasi, UMKM, kuliner, hiburan dan oleh-oleh/cinderamata.(ria/akd)