Romi Haryanto Tegaskan Maju Pilgub Jambi

Senin, 28 November 2022 - 10:55:03


Romi Haryanto
Romi Haryanto /

RADARJAMBI.CO.ID-Romi Haryanto menunjukkan keseriusannya untuk maju di Pilgub Jambi 2024. Keseriusan itu ditunjukkan oleh Bupati Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) dua periode ini dengan memasang sejumlah bilbord di berbagai daerah.

Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Tanjabtim itu juga genjar menjalin komunikasi dan silaturahmi ke tokoh politik dan masyarat ke daerah, terutama wilayah barat Provinsi Jambi.

Saat melakukan silaturahmi, Romi mengaku mendapat respon yang baik dari masyrakat. "Insya Allah, bismillah saya siap maju pada Pilgub Jambi 2024 mendatang," kata Romi, Senin (28/11/2022).

Untuk maju di Pilgub 2024 nanti, Romi Haryanto mengusung tagline Jambi Merakyat 2024, untuk rakyat sejahtera. Namun Romi belum mau bicara terlalu jauh soal niatnya ini.

Termasuk dukungan dari internal partainya sendiri yaitu PAN. Namun mantan Ketua DPRD Tanjabtim ini yakin bahwa PAN adalah partai terbuka.

“PAN itu partai terbuka, tentunya punya mekanisme dalam menentukan calon-calon gubernur,” tegasnya.

Selaku kader partai berlambang matahari terbit, Romi mengaku sangat menghormati juga mengetahui bagaimana makanisme yang ada di tubuh partai amanat nasional itu.

Disinggung apakah dirinya sudah mendapat restu dari PAN. Mengingat dalam dalam bilbord terdapat gambar Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Ketua DPW H Bakri, Romi enggan berkomentar.

Lalu siapa calon wakilnya di Pilgub mendatang, Romi masih merahasiakannya. "Kita tunggu saja nanti," tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN Khusaini melihat apa yang dilakukan oleh Romi adalah hal yang positif. Namun ditanya apakah partai mendukung, Khusaini enggan menanggapinya.

Karena menurutnya saat ini partai belum membahas soal Pilgub atau Pilbup. “Partai saat ini tengah fokus dengan Pileg dulu. Soal Pilkada nanti ada mekanismenya,” singkatnya.

Pengamat politik dari Universitas Jambi, Citra Darminto menilai apa yang dilakukan Romi murapakan sikap jantel atau kesatria. Banyak tokoh lain masih malu dan diam-diam tapi Romi terang-terangan menyatakan maju di Pilgub 2024 nanti.

“Ini dibuktikan dengan sosialisasi baik melalui baliho maupun silaturhmi dengan beberepa kepala daerah di wilayah barat,” kata dosen Fisipol Unja ini kepada Metro Jambi.

Menurutnya, secara kapasitas dan pengalaman Romi sudah sudah cukup layak bertarung di Pilgub. Dia dua priode menjadi ketua DPRD dan dua periode menjadi bupati Tanjabtim.

“Bekal dan pengalaman politik saya rasa sudah memgampuni untuk melangkah ke kontestasi lebih tinggi lagi. Namun saat ini tentu tinggal support dari prtai pengusung, dan ketepatan memilih pasangan,” sebut Citra.

Bukan tidak mungkin Romi akan merepotkan lawan politik lainnya yang akan berkompetisi nantinya di tahun 2024. Namun menurutnya saat ini, Romi harus bisa membuktikan kerja nyatanya untuk kabupten yang saat ini dipimpinnya.(*)