Sebanyak 38 Jurnalis di Provinsi Jambi Ikuti Uji Kompetensi Wartawan

Selasa, 13 Desember 2022 - 10:53:04


Ketua FJM Jambi Mursyid Songsang Saat Memberikan Arahan di Pembukaan Pelatihan Jurnalistik.
Ketua FJM Jambi Mursyid Songsang Saat Memberikan Arahan di Pembukaan Pelatihan Jurnalistik. /

RADARJAMBI.CO.ID-Puluhan wartawan di Provinsi Jambi mengikuti pelatihan jurnalistik sekaligus akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sesuai jenjang masing-masing, mulai tingkat Muda, Madya dan Utama.

Disini nantinya mereka para pewarta akan dinyatakan, apakah sudah berkompeten ataupun belum berkompeten.

UKW berlangsung di lantai III BW Lexury, Kota Jambi, Selasa (13/12). Selanjutnya pada 14-15 Desember puluhan wartawan akan diuji oleh beberapa penguji yang didatangkan oleh pihak penyelenggara.

Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr Soetomo Hendrayana mengucapkan selamat datang 38 wartawan yang akan mengikuti UKE selama tiga hari mendatang.

"Kenapa UKW penting, karena wartawan adalah profesi bukan sebagai pekerja harus diingat kita punya sumber hukum yaitu UUD pers," ujarnya saat membuka pelatihan jurnalistik.

Menurut nya, profesi wartawan harus memiliki keterampilan kemampuan sama dengan seperti advokat, dokter harus mempunyai standar yang harus di pertanggung jawabkan.

"UKW ini berapa kali di gugat bahkan sampai ke MK, karena ada yang tidak sepakat dengan UKW ini, saya juga tidak tahu apa alasannya, yang pasti secara konstitusional UKW ialah sah," tegasnya.

Tenaga Ahli Dewan Pers itu juga menyampaikan terkait dengan beberapa sengketa pemberitaan yang Ia terima dari pihak kepolisian sehingga Ia berharap semua wartawan harus memiliki standar kompetensi."Karena UUD Pers hanya melindungi wartawan yang profesional," jelasnya.

Adapun mereka para penguji yang dihadirkan dalam UKW ini, yaitu Priyambodo Pengajar di LPDS, Sri Mustika Dosen Uhamka juga pengajar di LPDS, Maria D Adriana wartawan senior Antara, dari Sumbar.

Lahyanto Nadie Pengajar LPDS, Jufri Alkatri Dosen pengajar LPDS berpengalaman di televisi, A Ariwibowo wartawan senior di Antara, Zaenal Aripin pengajar di LPDS, Kristanto Hartadi juga tampak hadir Ketua Forum Jurnalistik Migas (FJM) Jambi Mursyid Songsang.

"Kita mengucapkan terimakasih kepada SKK migas sudah memberikan perhatian nya ke dunia pers, untuk itu saya berharap rekan rekan juga memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya," harap mantan Ketua PWI Provinsi Jambi tersebut.(*)