PJ Bupati Sebut 3 Pasar Di Tebo Dapat Bantuan Dana TP APBN

Jumat, 10 Februari 2023 - 13:32:03


Kabid Pasar Deprindagkop Tebo mendampingi tim kemendag RI mengecek pasar Lebak Bungur Muaro Tebo
Kabid Pasar Deprindagkop Tebo mendampingi tim kemendag RI mengecek pasar Lebak Bungur Muaro Tebo /

Radarjambi.co.id-TEBO- Penjabat (PJ) Bupati Tebo, H. Aspan sebut ditahun 2023 ini, 3 pasar yang ada di Kabupaten Tebo mendapatkan bantuan dana Tugas Pembantuan (TP) dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia (RI).

"Alhamdulillah dari ribuan proposal yang diajukan daerah, ditahun 2023 ini yang mendapatkan dana TP dari APBN ada 54 Kabupaten/Kota se Indonesia, dan untuk Provinsi Jambi cuma Tebo satu-satunya yang dapat,"ujar Aspan kepada awak media.

Dikatakannya lagi bahwa pihak Kemendag RI sudah menyurvey lokasi pasar yang akan mendapatkan bantuan.

"Mereka sudah datang ke Tebo melihat lokasi dan sekarang sedang menyusun kelengkapan pelaksanaannya, karena Satuan kerja (Satkernya) diserahkan kepada Kabupaten," jelasnya lebih lanjut.

Aspan menjelaskan untuk Pasar Lebak Bungur Kecamatan Tebo Tengah tahun ini akan dibangun.

Dan mereka Kemendag menyatakan tahun depan Dana alokasi khusus (DAK) terutama untuk pasar tradisional.

"Untuk Tahun 2024 yang mereka sudah pastikan yaitu pasar Sungai Bengkal dan Rimbo Ulu, yang lokasinya sudah dilihat kemarin oleh mereka dari Kemendag," sebutnya lagi.

Tidak hanya itu saja, Aspan juga mengatakan dirinya akan terus mendorong pembangunan pasar Labak Bungur, karena tahun 2023 ini mendapat dua lokasi.

Dari APBD untuk merehab pasar yang ada, kemudian lokasi pasar Lebak Bungur.

"Yang di belakang dapat bantuan dari Kemendag, anggarannya mungkin tidak kurang Rp5 milyar untuk dua lokasi itu,"lanjutnya lagi.

Sementara itu Kepala dinas (Kadis) Prindagnaker Tebo Nurhasanah melalui Kabid perdagangan Edi Sofyan membenarkan apa yang disampaikan oleh Pj Bupati Tebo tersebut.

"Berkat dukungan dan komitmennya Pj Bupati Tebo, dana TP dari pusat tersebut kita mendapat Rp3 milyar. Selasa (7/2) kemarin dua orang dari Kemendag RI sudah turun untuk mengecek lokasi pasar Lebak Bungur yang akan di bangun,"rinci Edi sembari melanjutkan bahwa dirinya optimis setiap sudah dikunjungi oleh orang dari Kemendag positif 100 persen akan dibangun dan saat ini kelengkapan berkas sudah siap.

"Pra Daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) nanti bulan Maret sudah ditenderkan dan DIPA nya nanti diawal April mudah-mudahan sudah jadi. Selain itu pasar yang akan di bangun tersebut berupa los bukan kios," pungkas Edi. (yan/akd)