Pj Bupati Bachyuni Pimpin Apel Siaga Darurat Bencana Karhutla Tahun 2023

Minggu, 19 Februari 2023 - 21:44:52


PJ Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah memimpin apel.
PJ Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah memimpin apel. /

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Dalam rangka mengantisipasi bencana Karhuta, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Apel Siaga Karhutla tahun 2023 di lapangan Sepakbola Desa Petaling Jaya Kecamatan Sungai Gelam.

Pj Bupati Muaro Jambi yang memimpin langsung Apel Siaga Karhutla tahun 2023 dalam sambutannya menyampaikan Kabupaten Muaro Jambi merupakan salah satu daerah di Provinsi Jambi yang sangat rentan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan, untuk itu seluruh elemen dan stakeholder terkait dituntut untuk siap siaga menghadapi dan menanggulangi Karhutla.

Kata Pj Bupati, sebagai gambaran berdasarkan data hotspot dari BMKG Jambi tahun 2023 sudah ada berapa titik hotspot di Kabupaten Mauro Jambi, bahkan sudah ada lahan yang terbakaR…

Kebakaran hutan dan lahan pada umumnya merupakan bencana yang dapat menimbulkan kerugian berbagai sektor, mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan dan transportasi dan lain sebagainya.

"Pada tahun 2022 lalu, meskipun ada terjadi Karhutla namun berkat dukungan, kerja sama dan koordinasi yang baik di semua lintas sektoral, maka bencana tersebut bisa ditangani dengan cepat, sehingga tidak menimbulkan bencana kabut asap berkepanjangan," ucapnya.

Kata PJ Bupati, sebagai bentuk kesiapsiagaan pencegahan lebih dini secara terpadu, dalam menghadapi musim kemarau dan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di tahun 2023 ini, maka dengan dilaksanakannya apel ini, akan dikeluarkan keputusan tentang penetapan status siaga bencana Karhutla di Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2023.(akd)