Berikut Pembahasan Forum Gabungan OPD Hingga Akhir Pekan Ini

Kamis, 09 Maret 2023 - 11:42:03


Kegiatan di Forum gabungan OPD
Kegiatan di Forum gabungan OPD /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Hingga 09 April 2023 Pemkab Sarolangun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sarolangun terus menggulirkan pembahasan untuk pencapaian rencana program dan kegiatan yang dinilai prioritas. Hal tersebut dibahas dalam kegiatan forum gabungan Perangkat Daerah tahun 2023.

Diketahui sebelumnya, kegiatan forum gabungan Perangkat Daerah tahun 2023 telah dibuka Penjabat Bupati Sarolangun Henrizalpada Selasa (07/03) diruang aula bappeda Sarolangun.

Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad, S.Ag, melalui Sekretaris Bappeda Hj Maria Susanti didampingi Kabid Pendanaan, Muhammad Ikhsan mengatakan, jika kegiatan forum gabunbgan OPD diselenggarakan dalam rangka mensinkronisasikan kegiatan prioritas pembangunan yang berasal dari hasil Musrenbang Tingkat Kecamatan tahun 2023 dan pokok Pikiran (Pokir) DPRD Sarolangun dengan rancangan awal renja perangkat daerah tahun 2024, kemudian akan dijadikan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kabupaten Sarolangun tahun 2024.

"Tujuan dari penyelenggaran forum gabungan perangkat daerah untuk mensinkronisasikan dan mensinergikan program dan kegiatan prioritas pembangunan tahun 2024. Forum gabungan OPD terdri dari tiga pembahasan, yakni pembahasan hasil Musrenbang, pembahasan Pokir dprd dan pembahasan renja SKPD. Hari pertama kita membahas Musrenbang kecamatan, hari kedua kita bersama OPD membahas pokir DPRD dan hari ini mulai membahas renja SKPD,”terangnya.

Disebutkan Maria Susanti, kegiatan forum gabungan OPD ini akan berakhir pada akhir pekan ini yakni Sabtu (11/03). Selama pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya akan memanggil OPD terkait untuk membahas bersama dalam rangka menyamakan persepsi untuk penyusuan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 mendatang.

"Sampai Sabtu besok, untuk pembahasan data detil antara Musrenbang kecamatan, pokir dewan dengan renja, ada datanya. Yang diusulkan mereka permasalahan diterjemahkan OPD untuk menjadi kegiatan, dibawah sampai detil, volume OPD yang tau. Sehingga nanti pas Muskab kita tahu kegiatan apa saja yang ada di 2024 sampai dengan anggaran RKPDnya,”sebutnya.

Akhir dari kegiatan forum gabungan OPD, kata Maria Susanti, menyatukan persepsi antara Bappeda dan OPD, pada prinsipnya menyesuaikan arahan bapak Penjabat Bupati sesuai dengan program dan kegiatan prioritas, yakni pemantapan peningkatan infrastruktur, peningkatan ekonomi, dan sumber daya manusia dan pemerintahan yang baik.

"Hasil dari forum gabungan OPD akan dirangkumkan dalam RKPD,"tandasnya.


PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S