Dewan harap Tenaga Honorer Muarojambi Jadi PPPK

Selasa, 16 Mei 2023 - 20:59:15


Ulil Amri membacakan rekomendasi dewan terhadp LKPj Bupati.
Ulil Amri membacakan rekomendasi dewan terhadp LKPj Bupati. /

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Anggota dewan kabupaten Muaro Jambi Ulil Amri meminta agar seluruh tenaga honorer di sektor pendidikan Muarojambi untuk masuk ke PPPK.

Hal ini dikatakan Ulil, ketika membacakan laporan pansus dewan terhadap LKPj Bupati Muarojambi tahun 2022. ''Kami berharap seluruh tenaga honorer agar dapat dimasukan menjadi pegawai dengan perjanjian kerja atau P3K,'' tutur Ulil.

Hal tersebut mengingat tenaga pendidikan sangat dibutuhkan untuk sementara ini, karena tenaga guru banyak yang sudah pensiun dan ada juga yang memasuki masa pensiun.

''Dengan adanya guru yang pensiun jadi tenaga guru berkurang. sementara proses belajar mengajar harus berjalan terus, justru itu kita minta kepada pihak dinas pendidikan dan kebudayaan serta pemerintah kabupaten Muaro Jambi dapat memperhatikan hal tersebut, " imbuhnya.

Ulil menjelaskan pengangkatan itu tidak hanya terhadap tenaga honorer atau non aparatur sipil negara (ASN) yang terdiri dari para pendidik, nakes, penyuluh dan tenaga administrasi saja, sebagaimana tercatat dalam data Kemenpan-RB.

"Seluruh tenaga honorer akan diangkat menjadi PPPK tanpa ada pengecualian, dan pengangkatan atau peralihan tenaga honorer menjadi PPPK ini harus sudah terealisasi, dan bagi tenaga honorer yang belum terdaftar pada P3K,"ungkapnya.

Ia menegaskan, tidak ada pengecualian khusus yang menjadi persyaratan dalam pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK itu. Karena pengangkatan itu bersifat otomatis. ''Tidak pengecualian yang tenaga honorer harus jadi pegawai p3k,'' tegas Ulil.

Oleh karenanya, pasca pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK ini, para kepala daerah dipastikan sudah tidak dapat lagi melakukan pengangkatan tenaga honorer dengan sawenang-wenang.

Hal itu menjadi hal penting, mengingat jumlah tenaga honorer nasional saat ini 50 persen bertugas di pemerintah daerah (Pemda).

Ulil juga menuturkan Dalam Pembinaan, pendekatan, sumber guru dan anggaran pendidikan juga lebih besar oleh karena itu kebutuhan juga besar.

Ulil menegaskan kepada pihak pemerintah dan dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Muaro Jambi untuk Tenaga honor guru sangat banyak. ''kami menegaskan bahwa kita minta agar di upayakan untuk terdaftar ke P3K, "tegasnya. (akd)