Peduli keselamatan konsumen, operator SPBU diberi pelatihan safetyman

Rabu, 17 Mei 2023 - 17:48:00


/
 
Radarjambi.co.id - Untuk menjaga dan mengantisipasi akan terjadinya insiden di lingkungan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), HSSE Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memberikan pelatihan safetyman bagi operator SPBU di wilayah Jambi.
 
Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel O2 Weston Jambi dan diikuti sebanyak 55 peserta diantaranya manager, pengawas dan operator SPBU di wilayah Jambi.
 
Sales Area Manager Retail Jambi, Bima Kusuma Aji menjelaskan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan untuk mengantisipasi atau bahkan menciptakan keamanan di sekitar lingkungan SPBU.
 
“Pelatihan Safetyman ini diharapkan dapat mengingatkan operator dan mengingatkan konsumen agar meningkatkan kewaspadaan saat berada dalam area SPBU,” pungkas Bima
 
Pelatihan yang dilaksanakan berkala setiap tahun ini, peserta diberikan materi tentang Rencana Tanggap Darurat SPBU, Indentifikasi Bahaya dan Resiko Operational SPBU, HSSE Golden Rules, Keselamatan Operasi Penerimaan, Penimbunan dan Penyaluran BBM di SPBU, serta Pemeliharaan Sarfas SPBU. Peserta juga mempraktekkan pengetahuan yang didapat dalam penanggulangan kebakaran hingga penggunaan alat pemadam api ringan.
 
Region Manager HSSE Sumbagsel, Ausil Maksudina mengatakan Pelatihan ini merupakan salah satu program 12 Inisiative di lembaga penyalur SPBU, untuk wilayah Jambi pelatihan ini diadakan untuk SPBU yang jauh, terdapat insiden sebelumnya dan SPBU yg belum mendapatkan pelatihan.
 
"Kegiatan pelatihan ini juga akan dilaksanakan di wilayah kerja lainya seperti Bengkulu, Bangka dan Palembang. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi pengawas dan operator SPBU serta mengurangi insiden yang yang terjadi di pertamina, khususnya di lembaga penyalur," Jelas Ausil
 
Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan juga mengungkapkan, dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut, maka pengawasan aspek HSSE di SPBU menjadi lebih ketat, prosedur operasional juga dilakukan dengan baik, sehingga dapat meminimalisir insiden di area SPBU.
 
"Pertamina juga mengimbau kepada konsumen untuk menaati protokol standar keamanan saat melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU," ungkap Nikho.
 
Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih tentang berbagai layanan dan produk Pertamina Call Center (PCC) 135.(*)