Tingkatkan Kapasitas 35 Anggota Forweb Jambi Mengikuti Pelatihan di Bank Indonesia Pusat

Rabu, 31 Mei 2023 - 10:55:33


Anggota Forweb Jambi Foto Bersama
Anggota Forweb Jambi Foto Bersama /

 

 

RADARJAMBI.CO.ID - Sebanyak 35 orang wartawan yang tergabung di Forum Wartawan Ekonomi dan Bisnis (Forweb) Jambi mengikuti Capacity Building Forweb Jambi 2023 yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi di Kantor BI Pusat di Jakarta, Rabu, 31 Mei 2023.

Ketua Forweb Jambi Yusnaini M Naris saat pembukaan mengatakan kegiatan yang digelar tiap tahun ini sangat berarti. 

"Dapat meningkatkan pemahaman tentang berita ekonomi yang berimbang dan berkualitas. Saya masih percaya media massa masih berperan dalam merubah pandangan terkait kebijakan ekonomi yang akan dikeluarkan. Peserta juga bisa mambah wawasan tentang kebanksentralan dan menulis berita ekonomi yang menarik," ujarnya.

Sementara, Nurcahaya Kepala Seksi Kehumasan Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih kepada anggota Forweb Jambi yang sudah berkenan mengikuti kegiatan.

"Media adalah mitra strategis BI untuk menyampaikan kebijakan ekonomi. Harapannya, dengan suasana baru di BI, akan mendapatkan hal positif," ujarnya.

Nurcahaya menjelaskan tujuan acara untuk memberikan pemahaman lebih mendalam terkait penulisan berita ekonomi.

Hal Ini penting karena tak lain menyangkut penyampaian informasi kebijakan BI kepada masyarakat.

“Melalui media dalam interaksi untuk menyampaikan kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat, salah satu untuk mengatasi mitigasi asimetri informasi adalah dengan acara Capacity Building ekonomi khususnya,” jelas Nurcahaya dalam sambutannya.

Nurcahaya menyampaikan terima kasihnya kepada pihak BI pusat yang telah mengakomodir tempat acara.

Sementara kepada anggota Forweb Jambi, Nurcahaya berharap kemitraan yang terjalin baik selama ini akan semakin meningkat kedepannya.

“Semoga kerjasama dan kemitraan kita lebih baik pada tahun-tahun mendatang,” tutup Nurcahaya.

Rebeca Karina Rahajeng, Kepala Tim Relasi Media Elektronik Departemen Komunikasi BI yang membuka kegiatan menegaskan media merupakan partner untuk komunikasi dalam menyampaikan kebijakan.

Ia mengapresiasi kegiatan yang sangat bermanfaat ini.

Ia menyadari peran media sangat sentral dalam menyampaikan informasi terkait kebijakan BI. Terutama dalam hal bahasa yang mudah dipahami masyarakat. Pasalnya, ada beberapa istilah ekonomi yang terkadang awam di telinga sebagian masyarakat.

“Karena beberapa informasi kebijakan BI itu tidak mudah dipahami oleh masyarakat secara luas, maka kami meminta bantu dengan teman-teman media bagaimana bahasa dan itu lebih mudah dicerna baik oleh masyarakat,”terangnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada media yang menjembatani komunikasi kami kepada masyarakat,” pungkas Rebeca. 

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan penyampaian materi oleh Erlangga Djumena, Redaktur Pelaksana Kompas.com yang memberikan materi Penyajian Berita Ekonomi Akurat dan Cepat di Era Digital dan Dwiky Satria dari BI Provinsi Jambi tentang Refreshment Kebanksentralan.(ria/akd)