Perkuat Sinergitas, SKK Migas Sumbagsel bersama FJM Jambi Field Trip ke Plant Jindi South Jambi B

Kamis, 15 Juni 2023 - 07:41:31


Forum Jurnalis Migas (FJM) Provinsi Jambi bersama SKK Migas Sumbagsel kembali menggelar Field Trip atau kunjungan ke wilayah operasi Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) selaku investor migas.
Forum Jurnalis Migas (FJM) Provinsi Jambi bersama SKK Migas Sumbagsel kembali menggelar Field Trip atau kunjungan ke wilayah operasi Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) selaku investor migas. /

RADARJAMBI.CO.ID- Forum Jurnalis Migas (FJM) Provinsi Jambi bersama SKK Migas Sumbagsel kembali menggelar Field Trip atau kunjungan ke wilayah operasi Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) selaku investor migas.

Kali ini, Field Trip menyambangi KKKS Plant Jindi South Jambi B di Teluk Rendah, kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Rabu (14/6/2023) siang. 

Sebanyak 57 jurnalis anggota FJM Jambi disambut Field Manager Plant Jindi South Jambi B, Akhmad Sabidi dan seluruh karyawan.

Tampak hadir Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel Safe’i Syafri dan perwakilan KKKS lainnya seperti PetroChina Internasional Jabung Ltd, MontD’Or, SRMD, Pertamin Hulu Rokan dan Jadestone.

Kegiatan Field Trip ini diharapkan memperkuat sinergitas dan dapat menjadi ajang silaturahmi antara Forum Jurnalis Migas (FJM) Provinsi Jambi bersama SKK Migas Sumbagsel dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS). 

Ketua FJM Provinsi Jambi Mursyid Songsang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas Sumbagsel yang telah mengakomodir untuk acara Field Trip ini. Tak banyak yang disampaikannya, salah satunya menyampaikan tujuan berdirinya wadah FJM. 

“Karena di industri Migas ini banyak istilah yang sangat asing bagi sebagian kalangan wartawan. Dengan tergabungnya di FJM yang berkolaborasi dengan SKK Migas Sumbagsel dan KKKS, maka wartawan akan menjadi mengetahuinya. Terlebih terkait kerja industri migas,” jelas Mursyid Songsang.

Safe’i Syafri menyambut baik kegiatan Field Trip. Terlebih, telah hampir 3 tahun vakum karena pandemi Covid-19. 

Ia menyadari peran sentral media massa dalam penyebaran informasi yang baik dan benar ke masyarakat, khususnya terkait industri Migas di provinsi Jambi.

“Sehingga Alhamdulillah hari ini 14 Juni 2023 kita bisa kembali bersilaturahmi dalam rangka membangun sinergi antara FJM dan SKK Migas-KKKS. Hari ini kurang lebih 60 wartawan yang ada di Jambi hadir. Ini sesuatu yang sangat luar biasa.”

“Terima kasih yang selama ini telah aktif mendukung kegiatan komunikasi dan aktif menyebarkan informasi yang benar terkait kegiatan komunikasi di daerah Provinsi Jambi khususnya. Sehingga menjadi penting untuk terus memupuk hubungan yang baik,” ujarnya disambut tepuk tangan anggota FJM Jambi.

Sementara, Akhmad Sabidi menyambut baik kunjungan FJM provinsi Jambi yang dipimpin Mursyid Songsang ke wilayah operasinya. Pihaknya, kata Sabidi, siap besinergi dengan SKK Migas, KKKS lainnya dan FJM Jambi untuk mencapai target nasional mencapai 1 juta barel di tahun 2030.

“Terima kasih atas waktu luang mengunjungi ke tempat Kami. Jindi adalah perusahaan PMA yang berpusat di Hongkong dan saat ini ada 2 blok yakni SRMD dan Jindi. Untuk Jindi 100 persen saham Jindi,” jelas Sabidi dalam sambutannya.

Ditambahkannya, Plant Jindi South Jambi B mengelola wilayah operasi yang sebelumnya dikelola oleh ConocoPhillips dan PetroChina. Sejak tahun 2020, pihaknya melakukan reaktifasi dan memperbaiki sumur migas.

Bahkan, tahun ini Plant Jindi South Jambi B tengah melakukan pengeboran 3 sumur baru.

“Ini adalah salah satu rencana program kita ikut serta berperan dalam mencapai target nasional dari SKK Migas untuk mencapai 1 juta barel per hari di tahun 2030. Jadi kita semua bersama untuk menggali potensi yang ada, sehingga kita bisa swasembada bahan bakar energi di negara kita.”

“Memang perjuangan kita masih banyak. Dalam hal ini teman-teman dari media mungkin kalau nanti ada pertanyaan mari kita sama-sama diskusi yang baik, sehingga dapat informasi yang jelas terutama dalam hal Migas. Semoga kerjasama yang terjalin bersama-sama dengan kegiatan bersama ini semakin meningkat,” harap Akhmad Sabidi.

Acara berlangsung sederhana dan dalam suasana kekeluargaan. Sebelumnya, anggota FJM Jambi dijamu makan siang dan dihibur organ tunggal. Tak ketinggalan, diberikan doorprize kepada anggota FJM Jambi yang beruntung. (*) 

Penulis: Endang