Laksanakan Sekolah Pusat Keunggulan, SMKN 1 Tebo Magangkan Gurunya ke Dudi

Minggu, 02 Juli 2023 - 19:37:28


Kepala SMKN 1 Tebo saat mengantar gurunya magang di PT Bina Kreatif Berkah
Kepala SMKN 1 Tebo saat mengantar gurunya magang di PT Bina Kreatif Berkah /

Radarjambi.co.id-TEBO-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tebo telah ditetapkan oleh Kemendikbud Republik Indonesia (RI) menjadi SMK Pusat Keunggulan (PK) dengan skema pemadanan bersama Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) sebagai pendukung.

Ramayani, M.Pd Kepala SMKN 1 Tebo menjelaskan SMK Pusat Keunggulan adalah salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud ristek.

"Untuk SMKN 1 Tebo menjadi SMK PK dengan skema pemadanan didukung oleh PT Bina Kreatif Berkah sebagai Dudi pendukung program SMK PK di SMKN 1 Tebo,"ujar Ramayani.

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa pelaksanaan program SMK PK sudah berjalan disekolah dipimpinnya.

"Kegiatan SMK PK disekolah kita sudah berjalan, mulai sosialisasi tentang sekolah PK, pelatihan implementasi kurikulum merdeka untuk tenaga pendidik di SMKN 1 Tebo dengan mendatangkan Nara sumber langsung ke sekolah,"kata Ramayani lagi.

Tidak hanya itu saja, menurut Ramayani, tenaga pendidik SMKN 1 Tebo juga mengikuti pelatihan komite pembelajaran (Komjar) pada program SMK PK tahun 2023 yang langsung dilaksanakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPMPVBBL) secara daring.

"SMKN 1 Tebo juga sudah membentuk Komjar untuk program SMK PK ini, dan kini pelaksanaan program PK tersebut sudah pada tahapan pengantaran guru untuk kegiatan magang industri, antara lain ke PT Bina Kreatif Berkah di Kota Jambi dan Lembaga Kursus dan Industri (LKI) Muslimah Group di Kota Solok Sumatera Barat," tutup Ramayani.(yan/akd)