Wabup Tanjabbar Menghadiri Rakornas P3PD

Selasa, 11 Juli 2023 - 14:15:12


/

RADARJAMBI.CO ID, TANJABBAR - Mewakili Bupati, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat H. Hairan, SH menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).

Acara yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Selasa (11/7/23) tersebut dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Dalam arahannya Mendagri menegaskan komitmen dalam memperkuat Pemerintahan Desa dinilai penting untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa. Sebab desa memiliki peran yang penting dalam mewujudkan salah satu Nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran.

"Kenapa acara ini diselenggarakan bahwa salah satu visi Bapak Presiden Jokowi pada saat menjabat tahun 2014 periode pertama itu adalah membangun dari pinggiran, pinggiran ini adalah satu di pedesaan rural yang kedua perbatasan," ujar Mendagri

Dijelaskan oleh Mendagri, penguatan Pemerintahan Desa perlu dilakukan guna meminimalisasi terjadinya urbanisasi yang masif. Selain itu, langkah tersebut juga diperlukan untuk mendorong lahirnya sentra perekonomian baru di Desa. (ken)