Aspan Sebut Pemekaran OPD Untuk Memudahkan Koordinasi Dengan Pemerintah Pusat

Minggu, 30 Juli 2023 - 20:54:00


Aspan
Aspan /

Radarjambi.co.id-TEBO-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo dipastikan akan kembali melakukan pemekaran terhadap sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Tebo.

Penjabat (PJ) Bupati Tebo, H. Aspan menjelaskan hal tersebut dilakukan untuk memudahkan koordinasi dengan pemerintah pusat.

"Karena sekarang ini ketika ada surat dari kementerian, kami kesulitan untuk mendisposisikan kemana surat tersebut, karena OPD nya tidak berdiri sendiri dan berbeda nomenklaturnya,"terang Aspan.

Selain itu tujuannya juga untuk mempermudah dalam hal pengajuan program dana pembangunan yang dikelola di sejumlah kementerian.

"Kita juga kesulitan mendapatkan program pembangunan yang ada di sejumlah kementerian dan program Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat karena kita tidak mempunyai OPD nya,"lanjut Aspan lagi.

Orang nomor satu di Pemkab Tebo tersebut juga merincikan OPD yang akan dimekarkan antara lain Dinas Kesehatan dan KB, PUPR & Perkim, dan beberapa OPD lainnya.

"Untuk Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan tidak bisa dimekarkan karena nilanya rendah untuk bagian perhubungan, apalagi kita tidak memiliki terminal,"tutup Aspan.(yan/akd)