DPRD Sarolangun Terima R-KUA dan PPAS APBD 2024 dari PJ Bupati

Selasa, 08 Agustus 2023 - 17:34:29


Rapat Paripurna DPRD Sarolangun
Rapat Paripurna DPRD Sarolangun /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun menerima bundelan draft nota pengantar Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (RKUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD tahun 2024 dari eksekutif.

Nota pengantar RKUA dan PPAS APBD 2024 diserahkan langsung Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri kepada Ketua DPRD Tontawi Jauhari, pasca nota pengantar disampaikan oleh Penjabat Bupati dihadapan pimpinan DPRD, anggota DPRD, Kepala OPD, Camat, Forkompimda dalam rapat paripurna DPRD pada Selasa (08.08) sekitar pukul 11.40 WIB.

Jalannnya rapat paripurna DPRD yang dipimpin Ketua DPRD, Tontawi Jauhari didampingi dua unsur pimpinan DPRD, Aang Purnama, Syahrial Gunawan dan dihadiri 34 dari 35 orang anggota DPRD berlangsung dengan khidmat.

"Ada dua agenda paripurna kita laksanakan hari ini, yakni rapat paripurna tingkat I tahap I penyampaian nota pengantar R-KUA dan PPAS APBD Kabupaten Sarolangun tahun 2024 dan paripurna penyampaian Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah,"kata Tontawi Jauhari.

Dijelaskan Tontawi, DPRD Sarolangun melalui fraski dan komisi akan menindaklanjuti dua agenda paripurna yang dihelat sesuai tahapan proses yang prosedural mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Terima kasih atas kehadiran Penjabat Bupati Sarolangun, jajaran Forkompinda serta undangan lainnya dalam rangka memenuhi undangan kami pada rapat paripurna,"ujarnya.

Penjabat Bupati, Bachril Bakri menyampaikan penjelasan secara kumulatif hal-hal yang berhubungan dengan RKUA dan PPAS APBD Sarolangun 2024, diantaranya rencana pendapatan daerah pada 2024 diperkirakan sebesar Rp 1,225 Triliun, rencana belanja daerah sebesar Rp 1,290 Triliun, rencana pembiayaan Rp 69,962 Milyar.

"Jumlah belanja daerah lebih besar dari pendapatan sebesar Rp 64,962 Milyar. Defisit ini akan ditutupi dari pebiayaan netto yang diperoleh dari asumsi penerimaan pembiayaan yaitu SILPA tahun 2023 Rp 69,962 Milyar,"terang Penjabat Bupati.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S