BSI Lakukan Training Center ke PT Brahma Bina Bhakti Selama Dua Hari

Kamis, 10 Agustus 2023 - 21:30:59


Penjelasan dari PT  Brahma Bina Bhakti terkait pengelolan kelapa sawit oleh Bayu Hermawan
Penjelasan dari PT Brahma Bina Bhakti terkait pengelolan kelapa sawit oleh Bayu Hermawan /

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Bank Syariah Indonesia (BSI) Kamis siang (10/08) melakukan training center ke PT Brahma Bina Bhakti (BBB) di Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi.

Rombongan BSI yang berjumlah 47 orang tersebut melakukan training center selama dua hari di PT BBB. Dihari pertama rombongan BSI mendapat penjelasan bagaimana tata cara serta penanaman kelapa sawit. Dihari kedua Jumat (11/08) direncanakan rombongan akan melakukan kegiatan ke lapangan, mulai dari kebun hingga kelapa sawit menuju ke pabrik pengolahan.

Sukarnoto Bagian Pelatihan dan Training Center BSI mengatakan, BSI berkaloborasi dengan PT Triputra atau Induk perusahan PT BBB untuk melaksanakan training terkait dengan plasma sawit 

Pertukaran Cinderamata

''Sawit adalah salah satu memiliki kontribusi cukup bagus dengan kualitas cukup.Dan, temen-temen kami di bisnis BSI butuh pengetahuan, pendalaman, materi tentang plasma sawit. Jadi kami di sini berkolaborasi dengan PT Triputra,'' tutur Sukarnoto.

Lebih lanjut Sukarnoto menambahkan, ada 47 orang yang ikut dalam TC ini dan berasal dari seluruh Indonesia.

''Mereka yang ikut ini ada potensi dalam menanam sawit. Ada dari Kalimantan dari Aceh dari Medan dari Palembang Dari Sulawesi dan juga dari Papua. Teman-teman punya kapabilitas terkait dengan kebun sawit dan bisnis sawit dan tc ini membantu mereka dalam proses pembelian,'' sebutnya

Tc ini, lanjut Sukernoto dilaksanakan selama 3 hari mulai dari Rabu di kota Jambi.
''Di kota Jambi kami mengundang dari Bank mandiri untuk sharing terkait industri sawit berkembang. Kemudian hari ini dan besok, hari ini kelas di PT Tri putra, besok kita ke kebun untuk lebih dalam mengetahui tentang sawit,'' tukasnya.

Tak hanya di PT BBB saja TC ini kata Sukarnoto, juga pernah dilakukan diperusahaan lain.

''Kami pernah melakukan yang sama ya dengan beberapa perusahaan.Kami pernah melakukan di Kalimantan pernah juga di Bangka Belitung kemudian kami coba sekarang yang di Jambi. Dan kebetulan nasabah kami juga ada beberapa tempat tersebut,'' timpalnya.

S.P. Benowo Area KTU, PT BBB mengatakan jika rombongan BSI ini telah mengajukan permohonan untuk melakukan tc di PT BBB.

''Mereka datang ke sini dengan mengajukan permohonan kepada kami untuk bisa belajar mengenai tentang best practice perkebunan sawit yang ada di kami. Dari situlah kami membuat jadwal untuk hari ini in class besok (Jumat red) mungkin langsung ke lapangan melihat langsung bagaimana praktek perkebunan secara live dengan tim dari kami di lapangan,'' tutur SP Benowo.

SP Benowo menjelaskan, rombongan BSI ini hendak belajar tentang bagaimana cara berkebun atau membangun sebuah kebun yang baru.

Yang bagus dengan praktek-praktek yang lebih efisien dan juga bagaimana bisa membangun untuk masyarakat sekitar.

Dalam bentuk kemitraan dan mereka sebagai lembaga pembiayaan akan membangun atau membiayai pembangunan dari kebun kemitraan.

''Kebetulan juga kita dengan BSI sudah bekerjasama terutama untuk di area Kalteng.Dan harapannya setelah mereka tahu tentang perkebunan yang baik dan benar serta manajemen perkebunan yang bagus, kerjasama kami terus dilanjutkan dan ditingkatkan.Dalam bentuk-bentuk pembiayaan pembangunan kebun kemitraan,'' sebutnya.

''Untuk peserta training mudah-mudahan selama kita belajar di sini mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Mengenai tentang deskriptif perkebunan kelapa sawit dari proses awal dari pembibitan penanaman, terus masa belum menghasilkan sampai dengan masa penghasilan. Dan pengiriman TBS ke PKS dengan proses di PKS kita sendiri itu dapat mereka pahami dengan baik dan benar,'' timpalnya. (akd)