SKK Migas – PetroChina Bangun Jalan Blok D Geragai bagi Masyarakat Tanjung Jabung Timur

Selasa, 22 Agustus 2023 - 11:17:15


Pembangunan jalan beton Blok D Geragai sepanjang 1.960 meter yang terletak di Mendahara Ilir, Tanjung Jabung Timur.
Pembangunan jalan beton Blok D Geragai sepanjang 1.960 meter yang terletak di Mendahara Ilir, Tanjung Jabung Timur. /

RADARJAMBI.CO.ID-SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) telah memulai proses pembangunan jalan beton Blok D Geragai sepanjang 1.960 meter yang terletak di Mendahara Ilir, Tanjung Jabung Timur.

Pembangunan jalan ini menunjukkan komitmen PCJL untuk menyediakan akses yang lebih baik bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Wilayah Kerja Jabung.

SKK Migas – PetroChina Bangun Jalan Blok D Geragai bagi Masyarakat Tanjung Jabung Timur

Berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (TJT), PCJL menyiapkan beberapa Program Pengembangan Masyarakat (PPM) tahun 2023, termasuk pembangunan jalan beton, pemberian bantuan pendidikan bagi siswa SD – SMA/SMK, dan pengembangan UMKM di wilayah tersebut.

“Pembangunan jalan beton Blok D ini merupakan program yang diusulkan oleh Pemkab TJT. Kami menargetkan jalan ini selesai dibangun pada bulan November tahun ini,” Field Manager Jabung Rudy Hermawan mengatakan pada hari Jumat (18/08/2023).

Saat ini, pembersihan dan penyiapan badan jalan, galian perkerasan, timbunan pelebaran badan jalan dan lapiis pondasi agregat kelas B untuk pembangunan Jalan Blok D telah selesai dikerjakan.

“Pembangunan jalan rigid beton memakan waktu pembangunan lebih lama dibandingkan dengan pembangunan jalan asphalt. Untuk itu, kami mengharapkan dukungan dari publik agar proyek pengerjaan ini berjalan lancar dan sesuai target,” Rudy menambahkan.

Selain membangun fasilitas umum berupa jalan Blok D, PCJL baru-baru ini telah menyelesaikan program penambahan fasilitas di tiga sekolah, yaitu penyediaan paving block di SD II3/X di Pandan Makmur, SDN 170/X di Pandan Lagan, dan Madrasah Aliyah Nurul Huda di Pandan Jaya.

PCJL juga terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan bisnis para UMKM di wilayah TJTJT.

Pada acara Pra-Forum Kapasitas Nasional (KAPNAS) III area Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang dilaksanakan di Palembang pada 8-9 Agustus lalu, PCJL menghadirkan dua UMKM TJT untuk mempromosikan produk mereka.

Istana Batik Naima merupakan usaha batik motif khas TJT yang dimiliki oleh Siti Saroh dan Keripik Pisang Merasa yang menjual berbagai produk makanan dimiliki oleh Nur Diana. Wakil Bupati TJT Robby Nahliyansyah hadir dalam acara dan menyempatkan diri mengunjungi booth PCJL dan bertemu dengan Siti Saroh dan Nur Diana.

“Saya berharap sinergi yang saling menguatkan antara PCJL, Pemkab TJT dan pelaku UMKM akan memberikan hasil yang baik bagi perkembangan produk-produk unggulan dari kabupaten ini,” ujar Rudy.

Sebagai bagian dari penguatan kapasitas bagi UMKM, Nur Diana dan Siti Saroh juga telah mengikuti pelatihan pengelolaan toko online oleh Tokopedia.

Dalam gelaran Pra-Forum KAPNAS di Palembang, Keripik Pisang Merasa memenangkan kategori Lomba Packaging Produk Terbaik dan meraih nominasi Lomba Penjualan Tokopedia Terbanyak, sementara Istana Batik Naima meraih nominasi Lomba Profile Video Terbaik.

Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel, Safei menyampaikan bahwa hal ini sangat baik guna terus memberikan dampak positif adanya hulu migas di daerah.

Peran ini dikatakannya diharapkan dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara kegiatan hulu migas dengan Pemerintah dan Masyarakat di daerah operasional perusahaan.

“Program-program ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama sekaligus menjadi komitmen bagi KKKS yang menjalankan operasional dilapangan dan artinya wajib untuk direalisasikan,” kata Safei.

“Dengan peran dan dukungan ini harapan kami masyarakat dan pemerintah dapat terbantu dan dapat merasakan manfaat adanya kegiatan hulu migas di daerah,” jelasnya.

Selanjutnya ia juga mengharapkan para pemangku kepentingan di daerah dapat terus memberikan dukungan untuk kegiatan hulu migas.(*)



Sumber: SKK MIGAS