Dipadati Lautan Manusia, MTQ ke-52 Provinsi Jambi Resmi Dibuka

Rabu, 23 Agustus 2023 - 23:00:09


Pembukaan MTQ ke 52 Provinsi Jambi
Pembukaan MTQ ke 52 Provinsi Jambi /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Perhelatan akbar MTQ ke 52 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Sarolangun resmi dibuka. Hal ini ditandai dengan pemukulan beduk dan penabuhan kompangan.

MTQ yang spektakuler ini dibuka oleh Gubernur Jambi, Al Haris didampingi, Wagub H Abdulah Sani, Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi H Zoztafia, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, berlangsung pada Rabu (23/08) dimulai pukul 20.30 WIB malam berlokasi di lapangan Gunung Kembang, Kecamatan Sarolangun.

Hadir Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar, anggota DPR RI dari Komisi VIII, Dapil Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA), Ketua DPR Provinsi Jambi, Edi Purwanto. Bupati dan Wali Kota se Provinsi Jambi. Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari, unsur Forkompinda dan tamu undangan lainnya.  

Acara diawali dengan tarian persembahan, sekaligus  memberikan sirih sekapur kepada Gubernur Jambi, Al Harus. 

Kemudian dilanjuti dengan penampilan defile kafilah, yakni dari Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Tanjabbar, Tanjabtim, Tebo, Kota Jambi, Sungai Penuh dan Sarolangun. 

Pj Bupati Bachril Bakri dalam paparannya menyampaikan, atas nama Pemkab Sarolangun mengucapkan terima kasih pada Pemprov Jambi atas kepercayaan yang diberikan untuk menyelenggarakan MTQ dengan kerja keras menuju perhelatan yang sukses.

"Kami mohon dimaafkan, jikalau ada kelemahan dalam pelaksanaan,"katanya.

Dikatakan PJ Bupati, MTQ akan berlangsung sejak 23 Agustus 2023 hingga 31 Agustus 2023 yang diikuti 1299 orang, terdiri dari  kafilah, official dan dewan hakim.

"MTQ ke-52 memperlombakan  11 cabang dengan mengikuti jadwal dan lokasi lomba yang sudah disusun oleh Panpel,"ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan, jadikan momentum MTQ ajang silaturahmi dan wujud cinta Al-Qur'an.

"Terima kasih dewan hakim dan kafilah yang telah hadir serta dukungan masyarakat, mari kita sukseskan MTQ ke-52,"sebutnya.

Menariknya, disela acara juga diwarnai dengan mendengarkan ceramah agama yang disampaikan H. Said Agil Husin Al Munawar

Pantauan di jalan lintas Sumatera dan jalan menuju lokasi pembukaan di lapangan Gunung Kembang terlihat lautan manusia padati jalan. Antusias masyarakat amat terlihat nyata untuk meramaikan acara pembukaan MTQ ke -52.

 

PENULIS: CHARLES RANGKUTI

EDITOR: ANSORY S