OJK Jambi Edukasi Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Muaro Jambi

Jumat, 25 Agustus 2023 - 21:56:32


/

RADARJAMBI.CO.ID - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan termasuk perangkat Pemerintah Daerah agar masyarakat dapat lebih memahami manfaat dan risiko produk dan layanan jasa keuangan yang digunakan.

Kantor OJK Jambi, Senin (21/8/2023) lalu menggelar Training of Trainers melalui Program Sobat Sikapi OJK Jambi Tahun 2023 di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Kepala OJK Provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata bersama Gubernur Jambi Al Haris, Pejabat Bupati Muaro Bachyuni Deliansyah hadir dalam kegiatan yang diikuti lebih dari 150 peserta yang terdiri dari Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Muaro Jambi.

Yudha memaparkan bahwa berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK pada tahun 2022, masyarakat Jambi memiliki tingkat literasi keuangan sebesar 46,49 persen (nasional: 49,68 persen), sedangkan tingkat inklusi keuangan sebesar 85,19 persen (nasional: 85,10 persen).

“Agar dapat lebih mendorong kemajuan ekonomi daerah, diperlukan sinergi yang baik dan masif antar stakeholders terkait, yaitu OJK, Pemerintah Daerah, baik di tingkat provinsi, maupun kota dan kabupaten, Bank Indonesia, dan tentunya lembaga jasa keuangan untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat,” kata Yudha, Jumat (25/08/2023).

Lebih lanjut Yudha menyampaikan bahwa Program Sobat Sikapi merupakan infrastruktur sumber daya manusia yang dipersiapkan sebagai pelaksana kegiatan edukasi keuangan dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Rangkaian program yang diawali dengan kegiatan Training of Trainers (ToT) sebagai bentuk pembekalan, dan untuk selanjutnya melaksanakan Training of Community (ToC) yang dilakukan oleh camat/lurah/kepada desa se-Kabupaten Muaro Jambi kepada warga di masing- masing wilayah kerjanya.

“Program ini menjadi salah satu wujud sinergisitas antara OJK dengan Pemerintah Kabupaten dengan tujuan mengedukasi masyarakat Kabupaten Muaro Jambi terhadap produk dan/atau layanan keuangan agar lebih terliterasi atau lebih paham dan yakin, dan selanjutnya dapat terinklusi atau meningkatkan penggunaan produk dan/atau layanan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Yudha.

Dalam kegiatan ToT tersebut, Gubernur Jambi dan Penjabat Bupati Muaro Jambi menyambut baik dan mendukung program Sobat Sikapi OJK Jambi yang dinilai memberikan dampak positif bagi masyarakat, diantaranya menghindarkan masyarakat dari tawaran investasi ilegal dan jeratan pinjaman online ilegal yang merugikan.

Program Sobat Sikapi pada tahun ini diselenggarakan mulai 21 Agustus 2023 sampai dengan akhir September 2023. (Humas OJK Jambi).