Pemprov Jambi alokasikan 40 persen APBD Perubahan untuk Pilkada 2024

Kamis, 31 Agustus 2023 - 11:07:59


 Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman
Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman /

RADARJAMBI.CO.ID-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mengalokasikan 40 persen anggaran dalam APBD Perubahan (APBD-P) untuk pembiayaan persiapan kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2024.

"Sudah kita alokasikan sesuai dengan arahan dan Surat Edaran (SE) Kemendagri, sebesar 40 persen di APBD-P dan 60 persen di APBD Murni 2024," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman di Jambi, Kamis.

Ia menjelaskan alokasi anggaran tersebut sudah sesuai SE Kementerian Dalam Negeri Nomor 900.19.1/435/SJ tentang pendanaan kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati serta Wali Kota/Wakil Wali Kota pada 2024.

Sudirman menambahkan pagu anggaran yang akan dibahas selanjutnya bersama DPRD Provinsi Jambi ini nantinya mencakup biaya operasional bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu), serta TNI dan Polri.

Selain itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi mengatakan alokasi tambahan anggaran berupa dana hibah sebesar Rp235 miliar juga telah dipersiapkan untuk kegiatan penyelenggaraan pilkada pada tahun depan.(*)


Editor: Endang