Ketua DPRD Yuli Setia Bhakti Sebut Muarojambi Layak Dimekarkan

Senin, 11 September 2023 - 21:25:57


Yuli Setia Bhakti
Yuli Setia Bhakti /

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Pemekaran Kabupaten Muaro Jambi menjadi wacana yang lagi ramai di perbincangkan banyak kalangan.Mulai dari desakan masyarakat di sejumlah daerah, seperti di Kecamatan Sungai Bahar, Kecamatan Kumpeh hingga Kecamatan Sungai gelam. Terbaru, wacana pemekaran Muaro Jambi ini juga mendapat dukungan dari Ketua DPRD Muaro Jambi, Yuli Setia Bakti.

Bahkan ketua DPRD Muaro Jambi ini secara terang-terangan bicara dihadapan PJ Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah saat pelantikan pengurus SMSI Muaro Jambi belum lama ini.

Menurut Yuli Setia Bakti, ada beberapa alasan pemekaran Muaro Jambi ini. Pertama karena luas wilayah yang sangat besar dan jumlah penduduk yang juga termasuk yang terbanyak di Provinsi Jambi.

 ”Muaro Jambi sudah pantas dan layak di mekarkan. Wilayah Muaro Jambi tiga kabupaten pun bisa di jadikan,” ketus Yuli Setia Bakti dihadapan pj Bupati Bachyuni.

 Selain itu, Yuli juga mengatakan, DPRD sepakat untuk memekarkan Kabupaten Muaro Jambi. Salah satu alasan lain yang menjadi dasar usulan ini adalah anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Saat ini, APBD Muaro Jambi dianggap tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, dan lainnya di Kabupaten Muaro Jambi.

“Kita telah berjuang untuk membangun infrastruktur jalan, meningkatkan layanan pendidikan, kesehatan, dan banyak hal lainnya. Tetapi, anggaran yang kami miliki tidak mencukupi,” kata Yuli.

Oleh karena itu, pihaknya telah berkomunikasi dengan Asisten III, bahwa Kabupaten Muaro Jambi telah memenuhi syarat untuk pemekaran menjadi dua wilayah. Dengan pemekaran ini, pembangunan bisa berjalan lebih merata.

Hal ini pula yang banyak dikeluhkan masyarakat di Muaro Jambi, mengeluhkan ketidakmerataan pembangunan, terutama dalam infrastruktur jalan, pendidikan, dan sektor pembangunan lainnya.

Pemekaran Kabupaten Muaro Jambi diharapkan dapat memberikan solusi untuk mempercepat pemerataan pembangunan.

“Nantinya  Pemekaran Kabupaten Muaro Jambi berpotensi memberikan dampak positif untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Wacana pemekaran Kabupaten Muaro Jambi juga pernah diungkapkan dalam forum resmi di Gedung DPRD Muaro Jambi. Namun sayangnya sampai saat ini, wacana tersebut belum juga terealisasi. akd)