Bunda Paud Zulva Fadhil Jadi Narasumber di Dirjen GTK Kemendikbudristek

Minggu, 24 September 2023 - 22:58:26


/

Radarjambi.co.id-BATANGHARI-Zulva Fadhil selaku Bunda Paud Batanghari Menjadi Narasumber di Kemendikbudristek dengan mengangkat tema "Praktik baik dukungan Program Transisi Paud ke SD di kabupaten Batang Hari" di Jakarta, pada Jum'at (22/9).

Dalam paparannya Zulva Fadhil menyampaikan bahwa Kabupaten Batanghari memiliki 361 Paud yang terdiri dari 14 Negeri dan 347 swasta yang tersebar di 8 kecamatan, 114 Desa dan 14 Keluruhan dan setiap Kecamatan.

"Secara Nasional masih banyak praktik PPDB serta pembelajaran yang belum mencerminkan pemahaman bahwa membangun kemampuan fondasi (kematangan sosial emosional, kemampuan literasi dan numerasi dasar) merupakan suatu proses bertahap dan berkelanjutan yang dibangun sejak Paud hingga SD kelas awal," ungkapnya.

Bunda Paud juga meminta kepada seluruh Guru Paud untuk tidak lebih mengutamakan sistem pembelajaran yang berfokus pada baca, tulis dan hitung atau dalam istilah calistung.

"Pendidikan karakter anak seperti konsep belajar bermain yang diterapkan Guru akan berpengaruh terhadap attitude serta peningkatan kreativitas anak dan pendidikan karakter anak ini harus ditanam sejak usia dini," ujarnya.

Keberadaan Bunda Paud diharapkan dapat memotivasi masyarakat dan para pemangku kepentingan PAUD untuk menyediakan layanan PAUD berkualitas dengan holistik integratif.

Sejauh ini bentuk dukungan Pemkab Batanghari dalam peraturan Bupati Batang Hari nomor 48 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan PAUD di Kabupaten Batang Hari, insentif untuk pendidikan dan Tendik, beasiswa untuk Guru yang belum S1 (beasiswa Batang Hari Tangguh). (hmi/akd)