BPBD Tanjabbar Gandeng Perusahaan Sosialisasi Penanggulangan Bencana Karhutla

Selasa, 26 September 2023 - 14:27:14


/

RADARJAMBI.CO.ID, TANJABBAR - Pemkab Tanjab Barat memalaui BPBD Tanjab Barat Gandeng Petrochina Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana Karhutla di Kecamatan Rawan Bencana

Kegiatan Sosialisasi Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Pada Tahun 2023 ini kembali dilaksankan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat,dengan menggandeng Dunia Usaha dalam Hal ini Perusahaan Petrochina Internasional Jabung Ltd.

Menurut Kalak BPBD yang ditemui saat Sosialisasi di Kecamatan Betara menyampaikan bahwa kegiatan Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama baik Pemerintah ,Dunia Usaha, dan Masyarakat, oleh karena itu melalui kegiatan sosialisasi penanggulangan bencana karhutla ini diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat untuk peduli dan meningkatkan partisipasinya sebagai antisipasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di beberapa kecamatan rawan bencana di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Lebih lanjut di katakan Drs.Zulfikri. M.AP kegiatan ini berlangsung di Kecamatan Betara, Kuala Betara, Pengabuan ,dan Tebing Tinggi yang juga merupakan wilayah kerja perusahaan Petrochina.

Dalam kegiatan sosialisasi ini Narasumber yg menyampaikan materi selain dari BPBD juga ada dari Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal yang menekankan perihal penyuluhan hukum terkait karhutla dan dari perusahaan Petrochina
Dalam kesempatàn penyampaian materi BPBD juga menekankan beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan? Dan masyarakat diharapkan dapat membantu petugas melakukan upaya berupa pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran hutan dan lahan.

Dan juga tidak melakukan pembukaan lahan atau penyiapan lahan penanaman dengan cara membakar. Karena kalau terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan akan menyebabkan kerugian bagi banyak pihak, selain mengganggu perputaran ekonomi, sosial,transportasi juga meninbulkan dampak yang paling buruk dari kebakaran hutan yakni menimbulkan masalah kesehatan, seperti sesak nafas dan ISPA.(ken)