Menjadi Generasi Unggulan Dengan Kampus Merdeka

Rabu, 27 September 2023 - 20:36:48


Annisa Fatati Rahma
Annisa Fatati Rahma /

Radarjambi.co.id-“Kita memasuki era di mana gelar tidak menjamin kompetensi. Kita memasuki era di mana kelulusan tak menjamin kesiapan berkarya.”_Nadiem Makarim

Di era sekarang ini teknologi bergerak sangat cepat dan mempengaruhi kehidupan manusia.

Kita dituntut untuk mampu beradaptasi agar bisa bertahan di masa depan.

Sejalan dengan hal itu maka perguruan tinggi memiliki tantangan untuk menyiapkan penerus bangsa mempersiapkan kompetensi generasi milenial untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 melalui pembekalan yang terencana dan berorientasi pada tuntutan zaman.

Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan supaya lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Program-program dalam kampus merdeka diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion yang dimilikinya.
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Program kampus merdeka yaitu pertukaran pelajar, magang merdeka, asistensi mengajar, penelitian, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, proyek independen, dan membangun desa/kuliah kerja nyata tematik.

Salah satu kegiatan kampus merdeka yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan kompetisi yang diadakan oleh Kemenristekdikti yang diwujudkan dalam kegiatan pengabdian, penelitian, kewirausahaan, dan inovasi teknologi.

Dengan adanya kegiatan ini dapat melatih mahasiswa untuk peka terhadap permasalahan sekitar dan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut berdasarkan ilmu yang telah diperolehnya pada perkuliahan.

Program ini juga menekankan pada aspek kreativitas yang diharapkan mahasiswa mampu memiliki kreativitas yang tinggi dalam memecahkan masalah.

Mahasiswa yang lolos dalam kegiatan PKM akan mendapatkan pendanaan dan konversi sks. Melalui program ini, mahasiswa dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dengan ide dan inovasi yang dimilikinya.

Selain itu, terdapat program pengabdian masyarakat seperti Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO). Program ini memberikan kesempatan pada ormawa untuk terjun mengabdi kepada masyarakat.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan dana hibah yang besar dalam pelaksanaan program dari Kemenristekdikti dan konversi sks. PPKO memiliki program unggulan untuk memajukan potensi desa dengan mengangkat tema tertentu.

Mahasiswa dapat menjadi agen penggerak untuk memaksimalkan potensi yang ada di dalam desa sehingga dapat berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Siapkan Generasi Unggul
Program dalam kampus merdeka sejatinya dapat memberikan ruang untuk belajar mengenai banyak hal untuk menciptakan generasi unggul.

Mahasiswa yang otaknya penuh dengan kreativitas, ide-ide, dan inovasi akan memiliki tempat untuk menyalurkan ilmunya.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga dapat belajar banyak dengan masyarakat, perusahaan, maupun sekolah secara langsung sehingga mahasiswa lebih memahami terhadap realita yang terjadi di lapangan.

Untuk menjadi generasi unggulan di masa depan tidak hanya cukup dengan satu disiplin ilmu saja tetapi perlu berbagai disiplin ilmu.

Program dalam kampus merdeka membebaskan mahasiswa untuk belajar di luar kampus. Proses pembelajaran di luar kampus tersebut akan memberikan pengalaman lebih dibandingkan jika mahasiswa hanya belajar di dalam ruang kelas.

Kesempatan belajar di luar kampus mestinya diambil oleh mahasiswa mengingat kesempatan di dunia kerja masa depan tidak pasti linear dengan program studi yang diambil saat masih kuliah.

Kampus merdeka mempunyai berbagai program yang dapat meningkatkan hard skill dan soft skill mahasiswa.

Program kampus merdeka dirancang agar mahasiswa dapat belajar dengan bebas tidak hanya di dalam kelas tetapi dapat melalui berbagai kegiatan kampus merdeka.

Dengan demikian, kampus merdeka dapat menjadi wadah untuk menciptakan generasi unggulan di masa depan.(*)

 

Penulis: Annisa Fatati Rahmah
Mahasiswa S-1 PBSI FKIP UAD