Thanks Dinas PUPR Sarolangun, Jembatan Gantung Desa Sungai Abang Direhab

Minggu, 01 Oktober 2023 - 22:05:38


Rehab Jamtung Desa Sungai Abang
Rehab Jamtung Desa Sungai Abang /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Pemerintah Desa Sungai Abang bersama eleman masyarakat dan para petani memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sarolangun di bawah kepemimpinan Kadis, Arief Hamdani ST dan Sekdin, Zainul Arifin ST.

Saat ini, jembatan gantung yang berlokasi di RT 06, Dusun II, Desa Sungai Abang tengah dalam pekerjaan rehab oleh rekanan yang sumber dananya berasal dari APBD Kabupaten Sarolangun 2023.

Diketahui, setiap tahun kegiatan Musrenbang desa dan kegiatan Reses DPRD, perbaikan jembatan gantung menjadi aspirasi utama masyarakat, karena dari kasat mata dan kajian secara mendalam, ini dinilai prioritas yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Sungai Abang, Kholil Husairi didampingi Kadus II dan Ketua RT 06 ketika dimintai keterangan mengatakan, jembatan gantung yang direhab ini merupakan salah satu akses utama petani menuju ke lokasi kebun, begitu juga sebaliknya dalam mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.

Menurutnya, tercatat hampir ribuan hektar lahan perkebunan produktif masyarakat yang berada di seberang sungai Tembesi, tentunya kisaran puluhan hingga ratusan ton sawit yang di panen setiap hari. Hasil produksi sawit tersebut senantiasa melewati jembatan gantung yang tengah dalam perbaikan tersebut.

"Jembatan gantung ini merupakan urat nadi pertanian dan perkebunan masyarakat, jika ini sudah mantap, tentunya kreativitas para petani akan terdorong menjadi lebih baik,"sebutnya.

Menjelang pekerjaan rehab jembatan selesai, diminta para petani untuk tidak memaksakan diri berjalan diatas jembatan yang sedang rehab untuk menuju ke seberang, sebab beresiko tinggi terhadap keselamatan jiwa.

"Untuk sementara waktu, akses menuju ke perkebunan seberang Sungai Tembesi dialihkan dengan melewati jembatan gantung wilayah Dusun I, Sungai Abang Mudik,"tegasnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Sarolangun Arief Hamdani membenarkan, jika adanya kegiatan pekerjaan rehab jembatan gantung di Desa Sungai Abang.

"Iya benar, adanya salah satu item kegiatan di bidang Bina Marga, yakni rehabilitasi jembatan gantung desa Sungai Abang,"ujarnya.

Kadis PUPR berharap, implementasi pekerjaan rehab jembatan gantung dilakukan secara maksimal dengan mengkedepankan mutu dan kualitas, sehingga benar-benar bermanfaat untuk masyarakat dalam waktu yang panjang kedepan.

"Terima kasih kepada masyarakat Sungai Abang yang turut mendukung pelaksanaan kegiatan fisik PUPR,"tandasnya.

Berdasarkan informasi yang dirangkum di lapangan, pada ajaran tahun 2023 yang sedang berjalan ini, ada tiga item kegiatan fisik dilaksanakan di desa Sungai Abang, sumber dananya berasal dari APBD Kabupaten Sarolangun. Diantaranya, pengaspalan jalan Jalur Dua di wilayah Dusun IV, pembangunan jalan Payo Laweh di wilayah Dusun IV dan rehab jembatan di wilayah Dusun II.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S

"