Sekretariat DPRD Sarolangun Launching Aplikasi Unit Layanan Tamu dan Administrasi (e-Ulta)

Senin, 02 Oktober 2023 - 21:28:14


Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari launching Aplikasi e-Ulta
Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari launching Aplikasi e-Ulta /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN – Sekretariat DPRD Kabupaten Sarolangun kedepankan ide kreatif dengan menonjolkan inovasi baru untuk meningkatkan pelayanan publik yang modern dan praktis.

Salah satu terobosan yang dilakukan, yakni mengimplementasikan aplikasi Unit Layanan Tamu dan Administrasi secara elektronik (e-Ulta). Sistem pelayanan digitalisasi melalui e-Ulta ini di inisiasi oleh Sekretaris DPRD, Efrianto, S.Pd, M.Pd.

Pada Senin (02/10), sore aplikasi Unit Layanan Tamu dan Administrasi secara elektronik disingkat e-Ulta secara resmi di launching oleh Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd didampingi Sekretaris DPRD Sarolangun Efrianto, S.Pd, M.Pd. Kegiatan tersebut dihadiri Asisten III Setda Sarolangun Hazrian, SE, M.Si serta hadir jajaran pejabat dan staf di sekretariat DPRD Sarolangun.

Sekretaris DPRD Sarolangun Efrianto, dalam paparannya mengatakan, bahwa aplikasi e-Ulta ini mulai diterapkan pada hari ini, Senin 02 Oktober 2023, pasca di launching oleh Ketua DPRD Sarolangun.

Menurutnya, inovasi ini muncul setelah sekretariat DPRD Sarolangun menyiapkan unit layanan tamu dan administrasi yang sebelumnya masih menggunakan sistem manual. Inisiasi ini untuk mendorong dalam melakukan unit layanan tamu secara elektronik yang berbasis smart city yang juga telah diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

”Penerapan aplikasi ini, tentu menyiapkan operator sebagai admin dalam penggunaan e-Ulta. Setiap tamu yang datang baik dari dalam daerah ataupun luar daerah, akan terdata dalam aplikasi, lengkap dengan nomor SPT, tujuan, dan maksud kedatangan, serta jumlah orang, bahkan ada photo wajah para tamu yang berkunjung,”jelasnya.

Dipaparkan Sekwan DPRD Sarolangun, jika aplikasi e-Ulta ini sebagai wujud nyata dan inovasi proyek perubahan dalam mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II pada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia pada Pusdiklat Daerah Istimewa Yogyakarta.

”Program e-Ulta untuk meningkatkan kualitas pelayanan tamu di Sekretariat DPRD Sarolangun, sehingga wajah pelayanan yang diterapkan menjadi lebih mudah dan canggih dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi digitalisasi,"”ujarnya.

Terpisah, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari pun mengucapkan selamat atas di launchingnya aplikasi e-Ulta ini, sebagai salah satu program inovasi sekretariat DPRD Sarolangun dibawah kepemimpinan Sekretaris DPRD Sarolangun Efrianto.

Menurutnya Ketua DPRD, aplikasi yang berbasis elektronik ini di buat khusus untuk menampung layanan tamu dan administrasi, sehingga para tamu bisa terlayani dengan baik serta arsip dan rekam jejak administrasi bisa dicari dengan mudah melalui aplikasi e-Ulta ini.

” Kita tadi ada mentor pak Sekwan, ini adalah program bapak Sekwan kita yang mengikuti diklatpim II, di jogjakarta. Salah satunya beliau mengeluarkan program e-Ulta. Tentu saya mensupport program ini supaya bisa berjalan, dan tentu tidak terlepas di dukung oleh perangkat yang mumpuni yang bisa ini berkontiniu melayani tamu-tamu yang datang ke sekretariat DPRD Sarolangun,”jelas Ketua DPRD.

Tontawi Jauhari juga menerangkan, jika di dalam aplikasi e-Ulta ini akan diketahui data tamu yang datang, baik jumlah orang yang datang, kedatangan tamu jam berapa, SPT tamu, bahkan itu bisa dilihat datanya setiap bulan hingga setiap tahun.

” Selama ini pelayanan manual, yang datanya ketika di minta tidak tahu di simpan dimana, ini tersimpan dalam server dan program aplikasi, sehingga program ini bisa dibuka kapan pun dibutuhkan datanya,” katanya.

Selain itu, Tontawi Jauhari juga berharap kedepan melalui aplikasi e-Ulta bisa meningkatkan pelayanan tamu dan administrasi yang lebih baik lagi di Sekretariat DPRD Sarolangun, serta penerapan aplikasi e-Ulta ini bisa mendorong kinerja DPRD Sarolangun lebih bagus lagi ke depan.

” Selamat untuk kepada sekwan dan saya mendukung sepenuhnya mudah-mudahan dengan program ini pelayanan di sekretariat DPRD ini bisa meningkat lagi dan lebih baik lagi kedepan. Besok sudah mulai diterapkan, dengan idenya pak sekwan, peningkatan pelayanan dan administrasi di sekretariat, yang tadinya pelayanan manual dan semrawutan yang berpotensi hilang, tapi dengan e-Ulta ini bisa menjadi dokumentasi tahunan yang tidak bisa hilang secara digitalisasi dan elektronik,”tandasnya.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S