PT. LPPPI dan MUI Tanjabbar Gelar Program Pelatihan Pengurusan Jenazah

Rabu, 11 Oktober 2023 - 19:23:05


/
RADARJAMBI.CO.ID, TANJABBAR - PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (PT LPPPI) bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menggelar pelatihan pengurusan jenazah di Kecamatan Tebing Tinggi, selama dua hari pelatihan meliputi memandikan, mengkafani, menyalatkan dan menguburkan. 
 
Hadir dalam kegiatan ini Camat Tebing Tinggi, Muhammad Ardiansyah, S.E yang mengucapkan terima kasih kepada PT LPPPI yang telah mengajak masyarakatnya untuk diikutkan dalam pelatihan, pengetahuan pengurusan jenazah ini akan sangat bermanfaat di lingkungan masyarakat hal ini juga sejalan dengan program pemerintah.
 
"untuk wilayah kelurahan Tebing Tinggi telah dianggarkan insentif untuk pengurus jenazah jadi kolaborasi antara PT LPPPI dan Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi sangat bermanfaat sekali," ucap camat. 
 
Peserta pelatihan adalah masyarakat dari Kelurahan Tebing Tinggi, Desa Teluk Pengkah, Kelagian, Talang Makmur, Adi Jaya, Suka Damai, Purwodadi, Sungai Keruh dan Desa Delima, Public Affair Head PT LPPPI, H Hermawan DBS mengatakan dalam sambutannya bahwa topik pelatihan ini sengaja dipilih karena melihat kebutuhan masyarakat di Kecamatan Tebing Tinggi dan sangat jarang sekali pelatihan seperti ini, ia berharap semoga pelatihan yang diadakan bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Kecamatan Tebing Tinggi. 
 
Salah satu peserta, Rudi, Kepala Dusun Talang Harapan, Desa Talang Makmur beliau mengatakan pelatihan ini sangat bagus bagi masyarakat karena ketika ada seseorang yang wafat maka harus di urus secara cepat dan dipahami mulai dari memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan.
 
"Jadi pengetahuan yang disampaikan oleh narasumber dalam pelatihan ini bermanfaat sekali, kami sangat berterima kasih kepada perusahaan PT. LPPPI karena telah menyelenggarakan pelatihan ini," ujar Rudi.
 
Hadir dalam kegiatan pelatihan ini Prof. Dr. H. Ahmad Syukri Saleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Tanjung Jabung Barat, KH. Zakaria Ansori, S.H.I., M.H Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tanjung Jabung Barat, Mahputriono, S.S., M.Pd.I sekretaris umum Majelis Ulama Indonesia Tanjung Jabung Barat, dan H. Ismail Mahdhari Dewan Penasehat MUI Kec. Tungkal Ilir.  
 
Sementara dari PT LPPPI , H Hermawan DBS menjelaskan pelatihan ini berlangsung dari tanggal 11 s/d 12 Oktober 2023, hari pertama diisi dengan informasi & regulasi dari Majelis Ulama Indonesia tentang pengurusan jenazah, topik tentang sakit dan kematian, dan teori penyelenggaraan Jenazah yang disampaikan oleh Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
 
"Sedangkan hari kedua diisi dengan praktek memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan jenazah yang diampaikan oleh Ust Abdurahman dan Ust Ahmad Tokoh Agama dan Imam Mesjid di Kecamatan Tebing Tinggi," jelas H Hermawan. (ken)