Pengetahuan Gizi dalam Diet

Rabu, 01 November 2023 - 14:07:24


/

Radarjambi.co.id-Diet adalah cara mengatur asupan makanan dan minuman dalam jumlah yang telah diperhitungkan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, masyarakat sering mengasosiasikan diet dengan penurunan berat badan.

Diet berkaitan erat dengan pengetahuan gizi. Tingkat pengetahuan gizi terutama pengetahuan diet seseorang sangatlah berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam pemilihan makanan yang akhirnya akan berpengaruh terhadap keadaan gizi seseorang.

Pengetahuan gizi memainkan peran penting dalam proses perencanaan dan pengelolahan diet.

Memahami kebutuhan gizi tubuh, termasuk asupan kalori, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral dapat membantu seseorang merancang diet yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan pemahaman yang baik tentang gizi, seseorang dapat menghindari kekurangan nutrisi atau konsekuensi negatif dari asupan nutrisi yang berlebihan.

Dalam diet sehari-hari, pengetahuan gizi memungkinkan seseorang untuk membuat pilihan makanan yang sehat dan sesuai, yang pada gilirannya dapat memengaruhi kesehatan jangka panjang dan kesejahteraan mereka.

Pentingnya gizi dalam diet tidak dapat diremehkan karena gizi yang tepat memainkan peran sentral dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan.

Asupan nutrisi yang seimbang, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, metabolisme energi, dan fungsi organ tubuh lainnya.

Selain itu, pemahaman yang baik tentang gizi dapat membantu mencegah risiko penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Dengan memperhatikan gizi dalam diet sehari-hari, seseorang dapat mencapai kondisi fisik dan mental yang optimal serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Pada saat penentuan program diet dianjurkan untuk konsultasi ke profesional, karena diet bukan hanya sekedar menurunkan berat badan hingga posisi ideal.

Namun, diet juga harus memperhatikan komposisi tubuh seperti persentase lemak maupun otot. Melalui konsultasi ke profesional, program diet akan disusun sesuai dengan kondisi tubuh agar nutrisi didalam tubuh seimbang.

Pada saat diet juga perlu dibarengin dengan olahraga fisik yang berguna untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh.

Dengan mengkombinasikan antara diet dengan olahraga kita dapat menurunkan berat badan dengan tetap mempertahankan massa otot tubuh.(*)

 

 

Penulis : Putri Sentia Abi Ningsih dan tharifah qanifarah Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan