Perduli Generasi Lingkungan

Jumat, 03 November 2023 - 13:51:47


Yola depita sari dan Sonia. Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UAD
Yola depita sari dan Sonia. Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UAD /

Radarjambi.co.id-Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan untuk mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya, serta berupaya untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang sudah ada.

Dengan tidak pedulinya seseorang terhadap lingkungan, dapat menimbulkan permasalahan yang sering terjadi terhadap kelestarian lahan hijau.

Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan lingkungan yaitu melalui pembentukan karakter yang dimulai sejak dini, dan pembentukan masyarakat ataupun anak remaja untuk peduli akan lingkungan yang sehat agar terhindar dari sarang penyakit.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita menemukan anggota masyarakat ataupun anak remaja yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitar, misalnya dengan membuang sampah seenaknya di jalanan, atau meletakkan sampah di pinggir jalan seolah-olah bukan miliknya lagi.

Banyak yang tidak menyadari bahwa pola kehidupan modern saat ini sangat mempengaruhi lingkungan dan kondisi bumi secara keseluruhan. Kemakmuran yang semakin tinggi telah memberikan fasilitas hidup yang semakin mudah melalui perkembangan teknologi.

Sedangkan kebiasaan berbelanja atau memborong belanjaan menyebabkan bertumpuknya sampah kantong plastik, piring, cangkir atau botol plastik, dan sebagainya.

Maksudnya, masyarakat kurang memahami akan pentingnya lingkungan hidup sekitar dengan ketidakberadaan kehidupan masyarakat di depannya. Serta kemungkinan masyarakat memiliki pengetahuan yang kurang tentang lingkungan hidup yang baik itu cara pengolahan lingkungan yang baik, pencemaran, pengaruh tindakan masyarakat dari bagi lingkungan sekitar, dan lain sebagainya sehingga perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat tentang lingkungan hidup oleh pemerintah.

Kesadaran Lingkungan juga merupakan upaya untuk menumbuhkan kesadaran agar tidak hanya tahu tentang sampah, pencemaran, penghijauan, dan perlindungan satwa langka.

Tetapi lebih daripada itu semua, membangkitkan kesadaran lingkungan manusia khususnya pemuda masa kini, agar mencintai tanah air untuk membangun tanah air Indonesia yang adil, makmur serta utuh lestari.

Jadi peduli lingkungan merupakan suatu sikap mengindahkan , memperhatikan segala sesuatu yang ada di lingkungan baik itu dengan komponen biotik maupun abiotik dengan selalu menjaga kelestariannya, keseimbangannya Dan juga tidak berbuat kerusakan pada lingkungan tersebut.

“Kerusakan alam bukan terjadi pada kita, tapi karena kita”. Ayo mulai sekarang kita merubah perilaku kita yang bisanya membuang sampah sembarangan dan melakukan hal bodoh yang bisa merugikan alam sekitar kita menjadi rusak.

Lingkungan yang tidak sehat akan menimbulkan dampak negatif. Salah satunya menjadi sumber atau sarang penyakit, sehingga dapat menyebabkan gangguan kesehatan.(*)

 

 

Penulis  : Yola depita sari dan Sonia. Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UAD